Komnas HAM: Ada Baku Tembak Antara Polisi dan FPI Sebelum Km 50

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 17:13 WIB
Komnas HAM Paparkan Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI (Karin/detikcom)
Komnas HAM Paparkan Hasil Investigasi Tewasnya 6 Laskar FPI (Karin/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengumumkan hasil penyelidikan terkait tewasnya 6 laskar FPI yang mengawal Habib Rizieq Shihab. Salah satunya, terkait hasil pengujian dan pemeriksaan barang bukti.

"Proses dan pemeriksaan barang bukti untuk membuat terangnya peristiwa. Tim telah melakukan pemeriksaan dan pengujian barang bukti, ini yang tadi kita dapat semua kita melakukan pengujiannya. Baik yang kita peroleh di lapangan, kita mendapatkan dari kepolisian, maupun kita mendapatkan dari FPI, maupun dari Jasa Marga," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam jumpa pers, Jumat (8/1/2021).

Choirul mengatakan pemeriksaan dan pengujian barang bukti pertama dilakukan di Laboratorium Forensik (Labfor) Polri pada 30-31 Desember 2020. Pemeriksaan dan pengujian barang bukti di Labfor Polri itu didampingi ahli dari Pindad dan Non Government Organization (NGO yang bergerak di bidang hukum dan HAM.

"Hasilnya adalah 7 barang bukti yang diduga bagian dari proyektil peluru dinyatakan dua barang bukti bukan bagian dari proyektil. Jadi dari 7 dinyatakan 2 bukan bagian dari proyektil. Terus 5 barang bukti merupakan bagian dari proyektil. Dari 5 proyektil tersebut sebanyak 2 buah identik dengan senjata rakitan. Dari 2 tersebut yang identik dengan senjata non rakitan, 1 identik dengan gagang coklat dan 1 tidak identik dengan gagang coklat maupun gagang putih. Sisanya yang 3 buah dinyatakan tidak bisa diidentifikasi karena proses deformasi yang terlalu besar," papar Choirul.

"Terus 4 barang bukti yang diduga bagian dari selongsong yang dinyatakan satu barang bukti bukan bagian dari selongsong peluru, yang 3 selongsong peluru identik dengan senjata petugas kepolisian. Jadi dari apa yang kami temukan di lapangan 2 identik dengan senjata rakitan yang diduga milik FPI gagang coklat dan gagang putih, yang 3 selongsong identik dengan miliknya petugas kepolisian," sambung dia.

Simak juga video 'Polri Periksa 83 Saksi Terkait Insiden di KM 50 Japek':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.