8 Napi di Riau Terpapar COVID Masih Dirawat, 913 Sudah Sembuh

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 14:05 WIB
Kemenkumham Riau.
Kemenkum HAM Riau (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Narapidana di Riau yang sembuh dari Corona bertambah delapan orang. Total sudah 913 napi yang sembuh, tapi masih ada delapan narapidana lagi yang diisolasi untuk pemulihan.

"Warga binaan yang terpapar COVID-19 di Riau sudah pulih. Namun ada delapan lagi yang sedang proses penyembuhan," ucap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau Ibnu Chuldun, Jumat (8/1/2021).

Adapun delapan narapidana yang masih positif seluruhnya ada di Lapas Kelas II-B Siak. Mereka menjalani isolasi mandiri di blok khusus hingga benar-benar sembuh.

"Kami tempatkan di blok khusus sampai sembuh untuk delapan orang yang masih positif COVID-19. Semua baik," katanya.

Diakui Ibnu, sejak awal COVID-19 tercatat ada 921 narapidana terpapar di lapas dan rutan di Riau. Namun 913 sudah sembuh.

Kasus tertinggi narapidana positif COVID-19 sendiri berasal dari Lapas Kelas II-A Pekanbaru. Dari 1.389 narapidana, 477 di antaranya terpapar dan kini sudah sembuh.

Kasus positif tertinggi kedua di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM ada di Rutan Kelas II-B di Dumai, yakni 200 orang. Selanjutnya Lapas Perempuan Kelas II-A Pekanbaru, yakni 85 orang.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan lapas dan rutan, dipastikan tak ada lagi kunjungan tatap muka. Keluarga yang membesuk hanya dilakukan lewat daring.

(ras/idn)