Komnas HAM Segera Sampaikan Hasil Temuan Insiden Km 50 Tol Japek ke Presiden

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 10:37 WIB
Beka Ulung Hapsara
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM akan merilis kronologi kasus tewasnya enam pengikut Habib Rizieq Shihab di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Konferensi pers akan berlangsung sore ini.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, mengatakan, usai konferensi pers, pihaknya akan segera menyampaikan hasil temuan itu ke Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Disampaikan ke Presiden dan Kapolri. Secepatnya pasca konpers akan diserahkan ke Presiden dan Kapolri," kata Beka, saat dihubungi, Jumat (8/1/2021).

Investigasi yang dilakukan Komnas HAM atas tewasnya enam anggota laskar FPI memasuki tahapan akhir. Saat ini, Komnas HAM sedang melakukan finalisasi laporan insiden yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 itu.

"Saat ini sedang dalam tahap finalisasi laporan peristiwa kematian enam anggota laskar khusus FPI," ujar Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam dalam keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021).

Dalam tahapan finalisasi ini, Komnas HAM masih mengamati kembali sejumlah bukti video dan screen capture yang berkaitan dengan peristiwa itu. Komnas HAM juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang memberikan data.

"Dari 8.000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para penyelidik Komnas HAM RI," ungkap Anam.

"Kami terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan data itu," lanjut Anam.

Anam berharap finalisasi laporan ini dapat berjalan lancar, sehingga peristiwa yang mengakibatkan tewasnya enam pengikut Habib Rizieq Shihab ini dapat dilihat terang.

"Tim Penyelidikan Komnas HAM RI berharap tahapan ini lancar dan peristiwa tersebut segera dapat terlihat secara terang benderang," jelas Anam.

Tonton video 'Komnas HAM Gelar Reka Ulang Tewasnya 6 Laskar FPI':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)