Round-Up

3 Hal Terungkap dari Pemalsuan Swab PCR Libatkan Mahasiswa Kedokteran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 07:42 WIB
Polda Metro Ungkap Pemalsuan Surat Swab
Polda Metro menangkap pelaku pemalsuan srat hasil swab PCR (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap pelaku pemalsuan surat hasil swab PCR. Dari ketiga pelaku yang ditangkap, salah satunya adalah mahasiswa kedokteran.

Ketiga pelaku ini sebelumnya pernah diviralkan oleh dr Tirta. Salah satu pelaku pernah mempromosikan menjual surat swab PCR tanpa tes.

"Ini juga beredar di media sosial dari dr Tirta tentang adanya lolos 3 orang ke Bali dengan gunakan surat PCR palsu. Modusnya memalsukan surat PCR mengatasnamakan PT BF yang dilakukan seseorang keperluannya untuk menaiki pesawat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Sebagai informasi, salah satu persyaratan untuk penerbangan di masa pandemi yakni calon penumpang harus mengantongi surat hasil swab PCR yang menyatakan bebas COVID-19.

"Kemudian PCR itu tidak bisa jadi tidak sama dengan swab antigen yang langsung jadi 30 menit atau 15 menit, tapi biasanya jadinya minimal 2 hari sebelum pemberangkatan orang mau berangkat harus melakukan PCR dulu untuk mengetahui reaktif atau nonreaktif. Kalau nonreaktif harus keluar surat resmi. Dari dasar itu bisa dipakai untuk melakukan perjalanan ke Bali," papar Yusri.

Polisi kemudian menangkap tiga pelaku yang berstatus sebagai mahasiswa. Salah satu pelaku merupakan mahasiswa kedokteran.

"Jadi ketiganya pelajar/mahasiswa. MFA adalah mahasiswa kedokteran yang masih berpendidikan di salah satu universitas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Selain MFA, polisi juga meringkus dua tersangka lain yakni EAD dan MAIS. Ketiganya pertama kali mendapatkan tawaran jasa surat swab PCR tanpa tes melalui temannya di Bali.

Berikut 3 hal yang terungkap dari kasus pemalsuan surat hasil swab PCR, simak di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3