Round-Up

Bom Bunuh Diri Direncanakan Rizaldi-Ajis Sebab Gagal Gabung ISIS

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 07:29 WIB
Densus 88 Antiteror juga meringkus terduga teroris di Kabupaten Gowa, Sulsel. Dilaporkan ada sembilan terduga teroris yang ditangkap di Gowa. (dok Istimewa)
Foto: Densus 88 Antiteror juga meringkus terduga teroris di Kabupaten Gowa, Sulsel. Dilaporkan ada sembilan terduga teroris yang ditangkap di Gowa. (dok Istimewa)

Rencanakan Bom Bunuh Diri

Karena upaya gabung ISIS gagal, Rizaldi dan Sanjai akhirnya merencanakan aksi serangan bom bunuh diri.

"Di Makassar ada lagi rencana melakukan keberangkatan ke Suriah namun karena tidak bisa berangkat bersamaan akhirnya dua teroris yang meninggal ini rencana untuk melakukan bom bunuh diri," ujar perwakilan dari tim Densus 88 Mabes Polri, Brigjen Ibnu Suhendra dalam keterangan pers di Mapolda Sulsel, Makassar, Kamis (7/1/2021).

Agenda serangan bom bunuh diri yang direncanakan tersebut sama dengan penyerangan bom bunuh diri yang dilakukan rekannya di sebuah gereja di Jolo, Provinsi Sulu, Filipina, pada 27 Januari 2019 lalu, dimana 22 orang tewas dalam aksi tersebut dan ratusan orang cedera.

"(Serangan bom bunuh diri) sama seperti saudaranya yang di Jolo, Filipina," kata Brigjen Ibnu.

Namun polisi belum mengungkap dimana target serangan bom bunuh diri yang direncanakan mertua dan menantunya itu.

"Untuk target yang mereka rencanakan, sasarannya, belum kita mendapatkan. Namun niat mereka adalah untuk melakukan bom bunuh diri untuk melakukan amalan bom bunuh diri itu yang berhasil kita cegah," imbuhnya.


(aan/dhn)