detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Mencari Solusi untuk Masalah Publik

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 07:21 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Gambar ilustrasi suasana perkotaan. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Agar kota bisa semakin nyaman ditinggali, masalah-masalah publik harus menemukan solusinya. Kini, 'detikcom Do Your Magic' hadir menjadi bagian dari solusi.

Terilhami dari ujaran populer warganet yang berharap solusi, "Twitter, please do your magic," detikcom tergerak untuk ikut membantu menyelesaikan masalah-masalah publik. Di 2021 ini, kami mencanangkan program 'detikcom Do Your Magic'.

'detikcom Do Your Magic' mengangkat masalah-masalah publik di Indonesia. Agar masalah-masalah publik itu selesai, 'detikcom Do Your Magic' mencarikan solusi ke pakar terkait hingga pemangku kepentingan supaya masalah perkotaan beres.

Masalah berupa Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Matraman di Jakarta Timur adalah contoh kecil dari pencarian solusi. Berawal dari laporan keluhan warga yang kami terima, detikcom menyambangi lokasi dan mengangkat masalah rusaknya fasilitas publik tersebut pada Kamis (7/1) pagi.

Ternyata tidak butuh waktu lama, perangkat pemerintah Jakarta bergerak cepat memperbaiki JPO Matraman yang lapuk karena berkarat itu.

"Kami menindaklanjuti hasil laporan detikcom, karena itu maka kita lakukan pengecekan," kata Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, Faqieh Insani, di JPO Matraman, Jakarta Timur, Kamis (7/1) siang. Solusi untuk masalah JPO Matraman sudah ketemu.

Kami masih terus melangkah memotret masalah-masalah kota, mulai dari lubang di jalan, kemacetan lalu lintas, problem sampah, papan iklan yang rawan roboh, hingga banjir. Hidup warga harus bebas dari pelbagai masalah kota itu.

Bagi Anda yang menemukan masalah perkotaan, silakan kabarkan ke kami lewat pasangmata.detik.com. Caranya, login menggunakan detikID. Bila Anda belum punya detikID, silakan bikin dulu. Caranya mudah, daftar saja di bagian pojok kanan atas detikcom. Anda juga bisa kirim info ke pasangmata.detik.com menggunakan email dan nomor ponsel.

Simak terus 'detikcom Do Your Magic'. Kami tunggu informasi Anda soal adanya permasalahan perkotaan. Kami akan tindak lanjuti informasi Anda!

Lihat juga video 'JPO Kampung Melayu Rusak Akibat Ekskavator Terguling!':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/tor)