Polisi Sebut Kondisi Habib Rizieq di Rutan Saat Ini Normal

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 23:13 WIB
Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus kerumunan di Petamburan, setelah ditetapkan sebagai tersangka. Habib Rizieq tiba di Polda Metro Jaya.
Habib Rizieq Shihab (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Sugito Atmo Pawiro menyebut Habib Rizieq sempat sesak napas hingga membutuhkan tabung oksigen di malam pergantian tahun. Kondisi Habib Rizieq saat ini disebut baik.

"(Kondisi kesehatan Habib Rizieq) normal, tiap hari kita periksa. Tekanan darahnya bagus 130/120 bagus, dia normal," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jata AKBP Rahmat saat dihubungi detikcom, Kamis (7/1/2021).

Rahmat tidak menampik jika dikatakan pada malam tahun baru Habib Rizieq mengalami sesak napas. Pihaknya langsung memanggil dokter dari Biddokes Polda Metro Jaya untuk mengecek kondisi kesehatan Habib Rizieq.

"Sore merasa nggak enak badan terus kita panggil dokter masuk, dibantulah sama dokter oksigen, dia bilang dia mau oksigen dari rumahnya kan gitu," tuturnya.

Pihak kepolisian sudah menawarkan bantuan tabung oksigen dari Dokkes Polda Metro Jaya. Tetapi Habib Rizieq disebut menolak dan hanya menginginkan dikirim dari rumahnya.

"Kita kasih, tabung ada, apa ada semua lengkap. Klinik dekat kita. Dia mau punyanya sendiri sebab dia punya kebiasaan," katanya.

Termasuk urusan makanan, kata Rahmat, Habib Rizieq memilih dikirim dari keluarganya.

"(Tabung oksigen) kalau dari kita juga ada standby. Dia maunya yang dari dia, makan dari dia semua," imbuhnya.

Menurut Rahmat, selama ini Habib Rizieq belum pernah mengeluhkan sesak napas. Baru pada malam tahun baru itu saja Habib Rizieq mengeluhkan sesak napas.

"Tidak pernah, tidak pernah sesak napas. Menurut dia sesak, menurut dia dan menurut dia saya tanya juga 'gimana Bib?' (dijawab) 'nyaman Pak Rahmat, biasa saya harus standby oksigen, kalau nggak enak badan saya pasang'. Ya kita kan kalau orang punya kebiasaan begitu masa saya harus larang. Lalu kalau itu diputar-putar urusan dialah," bebernya.

Rahmat menambahkan kesehatan Habib Rizieq dicek setiap hari. Habib Rizieq dipastikan tetap mendapatkan hak-haknya selama ditahan.

"Dia pahamlah tiap hari diperiksa, tekanan darah, nadi, tanya keadaannya. Memang hari itu dia tidak puasa, kalau saya ngobrol, dia puasa setiap hari, lima hari, kalau hari itu dia tidak enak badan," tuturnya.

Pengacara HRS mengungkap kondisi Habib Rizieq yang sempat sesak napas, simak berita selengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2