Medan Jadi Zona Oranye, Sumut Bebas Zona Risiko Tinggi Penyebaran Corona

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 16:29 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Satgas COVID-19 telah memperbarui data soal zona risiko penyebaran Corona. Kota Medan yang sempat menjadi zona merah, kini berubah menjadi zona oranye penyebaran Corona.

Hal tersebut dilihat dari update zonasi risiko COVID-19 kabupaten/kota yang disampaikan Satgas COVID-19, Kamis (7/1/2021). Zonasi tersebut dibuat berdasarkan data per 3 Januari 2021.

Zona merah sendiri merupakan wilayah dengan risiko tinggi penyebaran Corona. Sementara itu, zona oranye merupakan wilayah dengan risiko sedang penyebaran Corona.

Satgas menegaskan warga di zona oranye tetap wajib mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak demi mencegah penyebaran Corona. Fasilitas pendidikan diminta tetap ditutup sementara.

Satgas COVID-19 juga menyatakan ada sejumlah zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penyebaran Corona. Ada pula wilayah tanpa ada kasus baru Corona di Sumut atau zona hijau.

Berikut daftar zona hijau dan kuning di Sumut:

Zona kuning:

1. Tapanuli Utara
2. Padangsidimpuan
3. Nias Utara
4. Simalungun

Zona Hijau:

1. Nias Barat
2. Nias
3. Nias Selatan

Hingga hari ini, terdapat 18.756 kasus positif Corona. Angka tersebut bertambah 31 kasus jika dibandingkan Rabu (6/1). Dari jumlah itu, 16.009 orang dinyatakan sembuh. Sementara, 691 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pemprov Sumut sendiri telah menerima sekitar 40 ribu vaksin Corona. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menegaskan penyuntikan masih menunggu izin dari BPOM dan bakal diutamakan untuk tenaga kesehatan.

(haf/haf)