Ikuti Arahan Pemerintah Pusat, Anies Keluarkan Pergub soal PPKM

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 16:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Facebook Pemprov DKI Jakarta)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Facebook Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Peraturan ini dibuat dalam rangka menyesuaikan arahan dari pemerintah yang telah disampaikan kemarin.

"Karena sudah dikeluarkan Pemerintah Pusat dan kita juga selalu berkoordinasi, mengacu, mengambil kebijakan dari pusat maka kita langsung menyesuaikan dengan cepat ya Pak Gubernur hari ini sudah mengeluarkan Pergubnya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dalam siaran langsung di kanal YouTube BNPB, Kamis (7/1/2021).

Meski demikian, Riza belum menjelaskan secara rinci nomor pergub tersebut. Riza menerangkan jadwal PPKM di DKI akan menyesuaikan dengan arahan Pemerintah Pusat yang dimulai pada 11-25 Januari 2021.

"Jadwalnya jadi diubah sesuai dengan kebijakan pusat, jadi 11-25 dan poin-poin substansinya kita sesuaikan umpamanya tadinya di 3-17 (Januari), (kapasitas) kantor itu 50 persen, sekarang yang di kantor itu kan tinggal 25 persen," tuturnya.

Selain itu, dalam pergub itu juga akan membatasi layanan dine in di tempat makan menjadi 25 persen. Ariza menyebut pengetatan itu adalah harapan Pemprov DKI.

"Ya makan di tempat tadinya 50 persen sekarang 25 (persen),, semua kita sesuaikan alhamdulillah itu yang menjadi harapan kita adanya pengawasan dan pengetatan," ujarnya.

Simak video 'Ini 8 Aktivitas yang Terdampak Selama Pembatasan Baru di Jawa-Bali':

[Gambas:Video 20detik]




Simak penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya.