Risma Rajin Blusukan di Jakarta Usai Dilantik, Kemensos Ungkap Alasannya

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 15:16 WIB
Risma Mensos
Mensos Risma blusukan di DKI Jakarta (Istimewa)
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma rajin blusukan di DKI Jakarta usai dilantik. Kementerian Sosial (Kemensos) mengungkapkan alasannya.

"Bu Risma itu kan belum 1 bulan. Ya pasti dia paling tidak istilahnya pengin mengenal dululah, permasalahan kesejahteraan sosial ini lebih dekat dulu. Salah satunya yang terdekat kan di Jakarta-lah ya. Makanya tetangga terdekat dulu-lah ya, istilahnya Jakarta," ujar Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara saat ditemui wartawan, Kamis (7/1/2021).

Meski demikian, bukan berarti Risma tidak akan blusukan ke luar Jakarta. Herman mengatakan cakupan Kemensos bukan hanya wilayah Jakarta, tapi juga seluruh Indonesia.

"Tidak menutup kemungkinan nanti kan ke depannya tentu ke wilayah-wilayah lain. Karena kan istilahnya semua menjadi cakupannya Kemensos, terutama yang menyangkut urusan sosial," terangnya.

"Sementara dia mengamati yang terdekat dulu wilayah Jakarta, yang kemudian kan istilahnya mungkin dia bisa pagi hari, sore hari, atau pulang kerja," imbuh Herman.

Herman mengatakan kalau blusukan adalah tugas pokok dan fungsi dari Kemensos. Praktis, Risma yang menjabat Mensos tidak mungkin terhindar dari segala kegiatan yang berhubungan dengan manusia.

"Kalau blusukan ibu (Risma) itu kan selama itu berhubungan dengan tupoksi Kemensos, karena konteks Kemensos ini tidak bisa istilahnya terhindar dari konteks manusia. Pasti berhubungan dengan manusia, dengan orang. Terutama adalah bagi mereka pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial," pungkas Herman.

Seperti diketahui, lokasi pertama yang dikunjungi Risma usai dilantik menjadi Mensos adalah bantaran Kali Ciliwung yang berada di belakang gedung Kemensos pada 30 Desember 2020. Risma menemui sejumlah pemulung dan gelandangan di sana.

Teranyar, Risma blusukan ke kawasan Sudirman-Thamrin. Di sana Risma bertemu dengan sejumlah tunawisma.

(zak/zak)