Catut Nama Perusahaan Lab, Begini Modus 3 Pemalsu Surat Hasil Swab PCR

Yogi Ernes, Syahidah Izzata - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 14:03 WIB
Polda Metro Ungkap Pemalsuan Surat Swab
Foto: Tersangka Pemalsu Surat Hasil Swab Test (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap 3 orang inisial MAIS, MHA, dan EAD terkait pembuatan surat hasil swab PCR palsu. Para pelaku menggunakan hasil swab PCR palsu yang seolah dikeluarkan oleh PT BF.

"Jadi modusnya adalah memalsukan surat PCR yang mengatasnamakan PT BF ini yang dilakuan seseorang keperluannya berangkat menaiki peswat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat konfrensi pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (7/1/2021).

Yusri mengatakan para tersangka memanfaatkan kondisi syarat perjalanan ke Bali yakni lolos COVID-19 dengan menggunakan surat hasil test PCR. Tak hanya itu, para tersangka juga menjanjikan hasil cepat.

"Karena persyaratan untuk ke Bali atau Denpasar, syarat pertama harus lolos COVID-19 dengan gunakan PCR, ini persyaratannya, kemudian PCR tidak bisa jadi, tidak sama dengan swab antigen yang langsung jadi 15 menit atau 30 menit, (swab PCR) jadinya 2 hari sebelum keberangkatan, biasanya orang harus lakukan PCR dulu reaktif atau nonreaktif, kalau reaktif harus surat resmi, dari dasar itu yang baru bisa lakukan perjalan ke Bali," ucap Yusri.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2