Kemensos ke Anies soal Tunawisma Ditemui Risma: Silakan Cek, Ada di Bekasi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 21:08 WIB
Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (dok. Kemensos)
Mensos Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (Dok. Kemensos)

Herman kembali mempersilakan Pemprov DKI mengecek keberadaan dua orang tunawisma itu. Dia menyebut yang bersangkutan saat ini dilatih keterampilan.

"Silakan dicek, kalau mau dicek, kita memang memberikan keterampilan, silakan dicek aja," tuturnya.

Untuk diketahui, Mensos Risma menemukan sejumlah tunawisma di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Senin (4/1) kemarin. Menanggapi hal itu, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengarnya.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Riza mengatakan pihaknya telah memerintahkan jajaran untuk mengecek temuan Risma tersebut. Meski demikian, Riza mengaku ada tunawisma di wilayah lain di Ibu Kota.

"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada betul. Kalau ada di kolong jembatan, betul masih ada. Di seluruh Indonesia, di kota, ada orang yang belum memiliki rumah, mencari tempat berteduh tinggal di tempat yang paling baik dan paling enak, di antaranya tempat yang paling enak bagi tunawisma adalah di kolong jembatan, kalau kita ke kota-kota di seluruh Indonesia bahkan, mana mungkin, di negara lain juga ada tunawisma yg memang tinggal berteduh di kolong-kolong jembatan," katanya.


(lir/fjp)