Risma Sempat ke Mampang Jaksel Kemarin, Bertemu Penjual Jas Hujan-Pemulung

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 19:04 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan membantu pemulung di bawah fly over Mampang Prapatan dan Jl Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (5/1).
Menteri Sosial Tri Rismaharini bertemu pemulung di bawah flyover Mampang Prapatan dan Jl Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (5/1). (Foto: Dok. Kemensos)
Jakarta -

Mensos Tri Rismaharini sempat bertemu dengan sejumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Risma mengajak para PPKS itu agar dapat pelayanan sosial.

Dikutip dari situs Kemensos, Rabu (6/1/2020), Risma menemui penjual jas hujan dan masker di flyover Mampang, Jakarta Selatan, pada Selasa (5/1) kemarin. Dia juga bertemu dengan seorang pemulung bernama Mulyana.

Mulyana ditemui Risma di Jalan Saharjo, Jakarta. Saat itu Risma langsung membujuknya untuk ikut dan dijemput tim Kemensos untuk mendapat pelatihan.

"Mari, ikut saya ya. Biar nggak kehujanan, ya. Nanti saya jemput ya," katanya.

Risama juga menemui sejumlah PPKS, seperti penjual tisu, masker, dan anak-anak penyandang disabilitas. Beberapa PPKS yang ditemui di pinggir jalan kemudian bersedia untuk diasesmen awal di BRSEGP 'Pangudi Luhur', Bekasi.

Di sana mereka dicek kesehatannya sesuai dengan protokol COVID-19 dan menjalani rapid test antibodi. Pihak Kemensos juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk penanganan PPKS yang bersedia diasesmen.

Selama di Balai, Mulyana diberi instruksi cara-cara pembuatan pupuk kompos. Termasuk diarahkan mengasah keterampilan beternak ikan lele, potong rambut, ataupun montir mobil.

Di sisi lain, PPKS bernama Asmani masih perlu motivasi dan adaptasi untuk tinggal dan belajar sejumlah keterampilan di balai. Di sana Asmani dibekali cara membuat masker dari bahan kain yang bisa dijual, sekaligus meningkatkan pendapatan.

(idn/imk)