Korlap Aksi 1812 Rizal Kobar Kembali Diperiksa Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 18:15 WIB
Jakarta -

Koordinator lapangan (korlap) aksi 1812 Rizal Kobar dan satu saksi inisial AS kembali menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya hari ini. Polisi menjadwalkan pemeriksaan tambahan kepada keduanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pemeriksaan keduanya dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Kedua saksi tersebut pun telah memenuhi panggilan pemeriksaan tambahan tersebut.

"Pada saat pemeriksaan kemarin memang masih ada beberapa pertanyaan lagi yang perlu kita sampaikan kepada kedua orang. Jadi ada dua orang ini yang kita lakukan pemeriksaan, masih kurang karena waktunya sudah mendesak sampai malam hari. Kemudian kita jadwalkan hari ini," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Menurut Yusri, baik Rizal Kobar maupun saksi AS masih menjalani pemeriksaan hingga sore ini.

"Kedua orang ini sementara masih dilakukan pemeriksaan untuk tambahan karena masih ada pertanyaan yang harus dilengkapi lagi," jelasnya.

Selain itu, Yusri mengatakan pihaknya telah menjadwalkan agenda pemeriksaan beberapa saksi ahli di kasus tersebut. Keterangan saksi aksi ahli itu nantinya akan melengkapi berkas perkara yang tengah dikumpulkan penyidik.

"Sementara kita menjadwalkan untuk memeriksa beberapa saksi ahli yang lain. Ada saksi pidana, ada saksi-saksi yang lain. Tapi dua orang saksi tadi sudah menghadiri jam 1 siang (13.00 WIB) tadi datang. Sekarang masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Krimum Polda Metro Jaya bagi Saudara RK dan AS," tuturnya.

Sebelumnya, tiga saksi dari aksi 1812, dari koordinator lapangan (korlap) Rizal Kobar, pembaca doa AR, hingga saksi berinisial AS, selesai diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Rizal Kobar disebut dicecar dengan 55 pertanyaan.

"Kami kuasa hukum mendampingi beliau, panggilan menjadi saksi. Untuk (Pasal) 160, prokes. (Diberi) 55 pertanyaan," ujar pengacara Rizal Kobar Andris Basril di Polda Metro Jaya, Rabu (6/12/2021) dini hari.

Rizal keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 03.00 WIB. Dia mengatakan pertanyaan yang diberikan seputar tugas Rizal sebagai koordinator lapangan.

"Terkait posisi beliau sebagai kordinator lapangan," kata Andris.

Rizal Kobar mengaku menjawab seluruh pertanyaan dengan baik. Menurutnya, pertanyaan tersebut dijawab sesuai dengan yang ia lakukan.

"Saya jawab dengan baik, sesuai dengan yang ada dan apa yang saya lakukan," tuturnya.

(mei/mea)