Legislator NasDem Yakin RI Tak Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Tiffany Theresia - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 14:46 WIB
farhan  anggota dpr ro 2019 2024.
Muhammad Fahran (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Guru besar ilmu intelijen negara AM Hendropriyono menyebut Amerika Serikat (AS) ingin Indonesia memusuhi China dan berteman dengan Israel. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan meyakini pemerintah Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Wajar saja pendapat Pak AM Hendropriyono yang menyatakan bahwa USA ingin kita condong ke mereka dan menjauh dari China. Karena memang fakta menunjukkan kecenderungan itu sangat kuat." kata Muhammad Farhan saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Menurut Farhan, Indonesia akan selalu bersahabat dengan semua negara. Indonesia mempunyai jalan atau pendirian sendiri dalam menghadapi masalah internasional tanpa memihak kepada siapa pun.

"RI masih memegang teguh amanat UUD NRI 1945 untuk memegang prinsip politik luar negeri bebas aktif. Artinya, kita akan bersahabat dengan semua negara," jelasnya.

Lebih lanjut Farhan berpendapat soal posisi politik Indonesia terhadap AS, China, dan Israel. Farhan tetap yakin, di tengah desakan hubungan ekonomi, Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Kalau dalam kasus Israel, RI tegas tidak akan melakukan hubungan diplomatik. Walaupun desakan hubungan ekonomi dan iming-iming investasi miliar dolar yang sangat menggoda," sebutnya.

Sebelumnya, berita mengenai kekuatan asing khususnya Amerika lewat CIA ikut memanfaatkan situasi lewat perang proxy. Salah satu indikasi yang kasatmata adalah kehadiran diplomat Jerman ke markas FPI di Petamburan. Negara-negara sekutu lainnya diperkirakan secara bergilir juga akan turut serta.

"Amerika kan marah karena nggak kebagian investasi di sini. Tujuan dia kan maunya RI ikut musuhi China yang jadi musuhnya," kata Hendropriyono mengungkapkan hal itu kepada tim Blak-blakan detikcom, Senin (4/1/2021).

Di bawah Presiden Jokowi, Indonesia bukannya menjauhi China, malah makin mesra. Nilai investasi riilnya juga terus meningkat di sejumlah proyek infrastruktur. Selain itu, Amerika semakin tidak suka karena Indonesia tak kunjung mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Hampir semua negara Arab kan sudah (berdamai dengan Israel), kecuali Arab Saudi, yang masih nunggu Indonesia," sambung Hendropriyono.

Tonton video 'Blak-blakan Hendropriyono AS ingin RI Jauhi China Dekati Israel':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)