Idham Azis Sudah Ajukan Surat Permohonan Pengganti Kapolri ke Jokowi

Antara News - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 11:35 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis
Kapolri Jenderal Idham Azis (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis sudah mengirimkan surat permohonan penunjukan pengganti dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat itu dikirimkan mengingat Idham Azis segera memasuki masa pensiun.

"Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono seperti dilansir Antara News, Rabu (6/1/2021).

Surat itu dikirimkan Idham melalui Mensesneg Pratikno. Dalam surat tersebut, Idham tak menyebutkan nama calon penggantinya.

"(Kapolri) tidak mengajukan nama, hanya menyampaikan (bahwa) akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021," ucap Argo.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, juga sebelumnya memberi sinyal Presiden Jokowi sudah mengantongi nama calon Kapolri.

"Ya itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada, tinggal menunggu waktu, siapanya pasti sudah ada," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin (4/1).

Moeldoko menegaskan semua proses terkait calon Kapolri bakal dilaksanakan. Soal nama, kata Moeldoko, itu urusan terakhir.

"Ini kan mekanismenya jelas, ada usulan, berikutnya DPR akan proses apa... ada di sana, proses pemilihannya, berikutnya nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ aja. Nanti nama belakangan gampang itu," ucap Moeldoko.

Moeldoko menegaskan Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan beberapa nama calon Kapolri. "Ya pasti ya sudah, karena kan berkaitan dengan waktu ya," sebut Moeldoko.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis segera memasuki masa pensiun pada Januari 2021. Sementara itu, beredar sejumlah nama pejabat polisi yang dinilai cocok menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Kompolnas menyebut akan mengirimkan rekomendasi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke Presiden Jokowi.

Simak video 'Soal Calon Kapolri, Komisi III DPR Masih Tunggu Surat Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)