Sandiaga Bertemu Ma'ruf Amin, Bahas Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 20:09 WIB
Maruf Amin bertemu Sandiaga Uno (Foto: dok. Istimewa)
Ma'ruf Amin bertemu dengan Sandiaga Uno (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hari ini bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Pertemuan itu untuk mengkoordinasikan perihal destinasi wisata pelosok Nusantara.

Pertemuan digelar di Istana Wakil Presiden, Selasa (5/1/2021). Sandiaga mengatakan ada sejumlah perkembangan kerjanya dalam percepatan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional yang dibahas bersama Ma'ruf Amin.

Sandiaga mengatakan Ma'ruf selaku penanggung jawab sektor pariwisata meminta agar dapat menjadikan budaya bersih sebagai suatu kenormalan baru dalam pariwisata. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di sektor pariwisata juga harus ditingkatkan.

Tak hanya itu, kata Sandiaga, Ma'ruf Amin juga mendorong agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat berkoordinasi dengan berbagai sektor. Juga untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Pak Wapres menitipkan pendekatan dua klaster, yaitu usaha mikro kecil sebagai satu klaster yang harus diberi pemberdayaan dan bantuan sosial, kemudian klaster menengah usaha besar yang harus diberi insentif kebijakan agar mereka bisa bertahan di saat pandemi ini," jelas Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (5/1/2021).

"Bapak Wakil Presiden juga mencontohkan ada satu yang bisa difokuskan-diprioritaskan, yaitu konsep seperti Balkon Desa, Balai Ekonomi Desa, yang sudah dianggap berhasil dan menjadi best practice di salah satu destinasi pariwisata superprioritas, yaitu Borobudur," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengingat betul pesan Ma'ruf Amin yang menginginkan agar pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif dapat melibatkan pesantren. Pemberdayaan tersebut lewat dua pendekatan, yaitu sektor keuangan melalui Lembaga keuangan syariah, Baitul Mal Wattamwil (BMT).

"Bagaimana kita menjadikan 28 ribu pesantren ini sebuah sarana penggerak dan fasilitas juga untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan bergerak layaknya dinamo. Ini yang tentunya juga Pak Wapres harapkan ke depan," jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, Ma'ruf juga berpesan terkait kesiapan lima destinasi superprioritas (DSP). Kesiapan DSP tersebut meliputi kesiapan pelaku usaha atau sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Jadi bukan hanya infrastruktur yang dibangun, tapi juga peningkatan SDM melalui pemberdayaan. Saya diminta juga berkoordinasi secara lebih intens ke depan oleh Pak Wapres dan diharapkan mudah-mudahan tahun 2021 ini menjadi awal kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutupnya.

(mae/idn)