Kini Ada 9 Polisi Duduki Jabatan Penting di KPK

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 13:00 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

KPK baru saja melantik 38 pejabat struktural baru, yang enam di antaranya merupakan polisi. Hingga kini, total ada sembilan polisi yang menduduki jabatan penting di lembaga antirasuah itu.

Pucuk pimpinan KPK dipimpin oleh Firli Bahuri. Firli diketahui seorang polisi berpangkat bintang tiga atau komjen.

Adapun enam pejabat struktural baru KPK yang berasal dari unsur Polri antara lain Irjen Karyoto. Sedangkan lima orang berpangkat brigjen adalah Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi, dan Yudhiawan. Mereka semua baru saja dilantik hari ini.

Berikut jabatan keenamnya:

- Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Irjen Karyoto
- Direktur Monitoring Brigjen Agung Yudha Wibowo
- Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Brigjen Kumbul Kuswidjanto Sudjadi
- Direktur Koordinasi Supervisi I KPK Brigjen Didik Agung Widjanarko
- Direktur Koordinasi Supervisi II KPK Brigjen Yudhiawan
- Direktur Koordinasi Supervisi III KPK Brigjen Bahtiar Ujang Purnama

Sementara itu, dua orang dari unsur Polri yang menduduki jabatan penting di KPK adalah Brigjen Setyo Budiyanto sebagai Direktur Penyidikan. Satu lagi Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan.

Setyo Budiyanto terpilih sebagai Direktur Penyidikan KPK baru menggantikan Dirdik KPK sebelumnya, Brigjen Panca Putra Simanjuntak, yang ditarik kembali ke Polri. Terpilihnya Setyo Budiyanto menjadi Dirdik KPK dalam Nota Dinas Nomor: 479/KP.02.00/50-54/09/2020 yang diterima detikcom, Jumat (18/9/2020). Nota dinas itu ditandatangani oleh Sekjen KPK Cahya Harefa.

Sedangkan Brigjen Endar Priantoro resmi dilantik KPK sebagai Direktur Penyelidikan KPK pada Selasa (14/4/2020). Saat itu Endar masih berpangkat kombes dan menjabat Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

(fas/gbr)