PGI Imbau Gereja Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Corona oleh Pemerintah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 11:07 WIB
Ketua PGI Gomar Gultom
Foto: Ketua PGI Gomar Gultom (dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia tahap demi tahap menanggulangi virus Corona (COVID-19) melalui vaksinasi. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengimbau gereja-gereja di Indonesia mendukung pelaksanaan vaksinasi Corona tersebut.

"Menyikapi upaya penanggulangan COVID-19 melalui pengadaan vaksin dan rencana vaksinasi oleh pemerintah, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengimbau gereja-gereja untuk memberikan dukungan optimal bagi pelaksanaannya. Tentunya dukungan ini diberikan dengan tetap memperhatikan penerapan persyaratan minimal bagi upaya vaksinasi, termasuk batasan usia yang disyaratkan," kata Ketum PGI, Pendeta Gomar Gultom dalam keterangannya, Selasa (5/1/2021).

Selain itu, PGI meminta pemerintah meningkatkan edukasi dan literasi bagi masyarakat luas melalui berbagai medium terkait vaksinasi Corona. Gereja-gereja di Indonesia pun dapat berperan dengan berkoordinasi dengan pemerintah.

"Edukasi publik yang diharapkan menyangkut distribusi vaksin, pelaksanaan vaksinasi, efektivitas vaksinasi, termasuk kemungkinan kontra indikasi dan penanganannya yang telah dipersiapkan. Kepada gereja-gereja disarankan untuk berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi teknis yang bertanggungjawab untuk melaksanakan vaksinasi di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Pada perkembangannya, beredar informasi yang meragukan soal vaksinasi Corona ini di tengah masyarakat. Dari hal itu, PGI berharap elemen masyarakat dapat mengklarifikasi ke pemerintah melalui saluran resmi.

"Tak dapat disangkali berkembangnya berbagai rumor saat ini yang meragukan efektivitas tindakan vaksinasi. Hal ini seharusnya memantik sikap kritis kita untuk melakukan klarifikasi pada saluran-saluran resmi pemerintahan dan instansi teknis terkait, dan tidak mengembangkan kekhawatiran tanpa verifikasi informasi yang jelas," ucapnya.

Simak video 'Covid-19 di Bogor Meningkat, Danrem Perintahkan Jajaran Rapid Test Antigen':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2