Longboat Berpenumpang 14 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat

Saiman - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 19:03 WIB
Timgab mencari longboat yang hilang kontak di Perairan Asmat (Foto: dok. Humas Polda Papua)
Foto: Timgab mencari longboat yang hilang kontak di Perairan Asmat (Foto: dok. Humas Polda Papua)
Timika - Longboat mesin 40 PK bermuatan 14 orang hilang kontak di Perairan Asmat, Papua. Longboat itu hilang kontak saat perjalanan dari Timika ke Asmat Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Achmad Musthofa Kamal mengatakan, peristiwa itu dilaporkan pada Senin (4/1/2021), pukul 09.30 WIT, ke Mapolres Asmat. Longboat tersebut diketahui berangkat dari Timika sejak kemarin, Minggu (3/1).

"Keluarga dari salah satu penumpang atas nama Yoseph Yoer mendatangi Pos Basarnas Agats guna melaporkan bahwa Fiber/Longboat dengan mesin 40 PK yang berpenumpang 14 orang (11 mahasiswa dan 2 warga serta 1 driver Fiber) berangkat dari Timika pada hari Minggu tanggal 3 Januari 2021 Pukul 03.00 WIT sampai saat ini belum juga tiba di Agats," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/1/2021).

Mendapati laporan tersebut tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas yang berjumlah 7 personel pun langsung melakukan pencarian menggunakan 1 Unit RIB milik Basarnas Pos SAR Agats. Untuk area pencarian dari area Poumako menuju Pulau Tiga, selanjutnya dari Agats menuju Pulau Tiga.

Kamal mengatakan, para penumpang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Mereka baru tiba di Timika Papua menggunakan KM Tatamailau. Setelah tiba di Timika, mereka bertolak menuju Asmat dengan menggunakan longboat atau perahu fiber.

Identitas Penumpang:
1. Alow (52), Driver Fiber/longboat;
2. 11 orang mahasiswa (belum diketahui identitasnya);
3. 2 orang masyarakat (belum diketahui identitasnya).

Hingga kini tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap longboat yang hilang kontak di perairan Timika-Asmat tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Mimika Monce Brury yang membawahi SAR Asmat mengatakan, pihaknya mendapat laporan peristiwa hilang kontak long boat itu pada pukul 11.25 WIT. Pihaknya pun langsung mengerahkan personel untuk melakukan pencarian.

"Kami dapat laporan jan 11.25 WIT, kami sudah kerahkan tim pencarian yang bergerak dari Asmat," kata Monce ditemui di ruang kerjanya.

Monce menambahkan, perahu longboat itu berangkat pada Minggu 3 Januari 2021 pukul 5 subuh. Setidaknya ada 4 orang yang telah dilaporkan ikut dalam longboat tersebut, yakni Alow (driver), Juven (laki-laki), Gabriel (laki-laki) dan Fera (perempuan). Sementara sisanya belum diketahui.

Simak juga video '20 Imigran Tewas Tenggelam Usai Kapal yang Ditumpangi Kandas di Laut Mediterania':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)