Nelayan Penemu Seaglider di Bonerate Selayar Senang Temuannya Diusut TNI

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 15:00 WIB
Benda asing mirip rudal dan terpasang kamera ditemukan di laut Selayar (dok. Istimewa).
Saeruddin (berbaju putih) bersama benda temuannya di perairan Bonerate. (Foto: dok. Istimewa).
Selayar -

Saeruddin (60), seorang nelayan warga Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Selayar, merasa senang karena seaglider yang ditemukannya di perairan Pulau Bonerate diungkap TNI. Saeruddin mendukung penuh pihak TNI mengungkap benda itu jika ternyata milik asing yang masuk ke perairan Indonesia.

"Saya senang dapat itu barang, jadi bisa dilihat sama TNI. Saya bersyukur," kata Saeruddin kepada detikcom, Senin (4/1/2020).

Namun sebaliknya, Saeruddin juga mengaku sedih, jika benda yang dicurigai sebagai drone itu bukan milik pihak TNI AL, seharusnya benda tersebut tak berada di perairan Indonesia.

"Tapi kalau itu bukan kita punya, harusnya tidak boleh ada di kita (seharusnya tidak boleh ada di laut Indonesia)," ujarnya.

Secara pribadi, Saeruddin mengaku sejak awal tidak pernah tahu benda yang dia temukan, terutama saat pertama kali melihatnya. Dia hanya mengandalkan firasat bila benda yang ia lihat di laut Selayar pada Sabtu (26/12) bukanlah benda biasa, tapi juga tidak berbahaya jika diambil.

"Itu barangnya tidak pernah kulihat selama ini, tidak kepikiran juga sebelumnya itu apa," kata Saeruddin.

"Tapi tetap saya tidak tahu, saya cuma tahu itu benda bikin benda biasa dan tidak meletus. Cuma itu saja toh," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2