Sidang Perdana Praperadilan Habib Rizieq Dimulai

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 10:34 WIB
Jakarta -

Sidang perdana praperadilan Habib Rizieq Shihab atas status tersangkanya dalam kasus penghasutan kerumunan di Petamburan dimulai. Sidang terbuka untuk umum.

Pantauan detikcom, sidang digelar di ruang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021). Sidang dimulai sekitar pukul 10.10 WIB.

Tampak hadir kuasa hukum HRS, Muhammad Kamil Pasha dan Alam Syah. Perwakilan dari pihak Polda Metro Jaya juga hadir dalam persidangan.

Sidang dipimpin hakim ketua Akhmad Sahyuti. Peserta yang dapat masuk dalam ruang sidang pun dibatasi, hanya pihak pengacara yang dapat memasuki ruangan.

Beberapa petugas polisi dan keamanan dari pihak PN Jaksel pun tampak berjaga di pintu ruang sidang.

"Kami menghadiri sidang perdana dari praperadilan atas penetapan tersangka beliau, dengan agenda pembacaan permohonan praperadilan," ujar Kamil sebelum persidangan.

Diketahui sebelumnya, Habib Rizieq resmi mendaftarkan praperadilan atas penetapan tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Praperadilan diajukan ke PN Jakarta Selatan.

Habib Rizieq bersama beberapa petinggi FPI ditetapkan sebagai tersangka. Kemudian, pada Sabtu (12/12), setelah diperiksa lebih dari 12 jam, Habib Rizieq ditahan di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari.

Selain dikenai Pasal 93 tentang UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, Habib Rizieq dikenai Pasal 160 KUHP dan 216 KUHP.

(dwia/knv)