Kesaksian Ketua PP Muhammadiyah soal Perjalanan Cinta Din Syamsuddin

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 12:39 WIB

Setahun kemudian, setelah sang istri meninggal dunia, kata Anwar, Din Syamsuddin bertemu dengan mantan istri keduanya. Namun sayang, pernikahan tersebut berakhir dengan perpisahan.

"Lebih-kurang setahun kemudian dia pun menemukan tambatan hatinya untuk dijadikan sebagai pendamping hidupnya. Aku lihat dia senang dan bahagia. Tapi sayang setelah beberapa tahun berkeluarga, badai pun datang menerpa. Apa yang terjadi biarlah mereka berdua saja yang tahu akan duduk masalahnya. Yang mungkin penting kita ketahui, dia sebenarnya masih sangat sayang kepada isterinya, dan aku tahu bagaimana dia sebagai nakhoda telah berjuang keras untuk menyelamatkan kapalnya," tutur Anwar.

"Berbagai cara dan upaya telah dilakukannya. Ibarat orang berjalan dia telah sampai ke ujungnya. Tapi Tuhan yang di atas sana tampaknya sudah punya ketentuan tersendiri untuknya, sehingga takdir membawanya ke arah yang berbeda," imbuh dia.

Kendati demikian, Anwar mengungkapkan perpisahan Din Syamsuddin dengan istri keduanya dilakukan secara baik-baik. Menurutnya, perpisahan itu merupakan suratan dari Tuhan YME yang tak bisa ditolak meski Din Syamsuddin telah berupaya menyelamatkannya.

"Aku tahu bagaimana dia cinta dan sayang serta bertanggung jawabnya kepada istri dan keluarganya.Tapi kalau sudah suratan dari Tuhan yang ada di atas sana siapa yang akan bisa menolaknya. Cuma yang membuat aku gembira di tengah sedih yang aku rasa, mereka berpisah karena Allah dan bercerai juga karena-Nya juga. Mereka bicarakan perpisahan mereka secara baik-baik walau harus berurai air mata," ungkap Anwar.

"Bagiku, hal itu benar-benar terlihat sebagai suatu hal yang luar biasa, karena dilandasi dengan cinta dan ketentuan serta pedoman dari ajaran agama," sambung dia.

Din Syamsuddin dikabarkan menikah hari ini pukul 09.00 WIB. Din Syamsuddin dan Rashda menikah di Ponpes Gontor, Ponorogo.


(mae/imk)