Cegah Barang Ilegal Masuk, TNI Sweeping Perbatasan RI-Malaysia di Kalbar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 01:50 WIB
Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas melaksanakan sweeping di jalan lintas depan Pos Balaikarangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).
Foto:Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas melaksanakan sweeping di jalan lintas depan Pos Balaikarangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) (dok. istimewa)
Jakarta -

Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas melaksanakan sweeping di jalan lintas depan Pos Balaikarangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka memastikan tidak penyelundupan barang ilegal.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (2/12/2020) malam. Prajurit TNI memeriksa setiap orang yang melintas di area perbatasan kedua negara tersebut.

"Sertu Ronny beserta lima orang anggotanya melaksanakan sweeping dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas pada malam hari," kata Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa, dalam keterangannya Minggu (3/12/2020).

Menurut Alim, tujuan dilaksanakannya sweeping di malam hari untuk mencegah terjadinya penyelundupan barang-barang ilegal seperti narkoba, minuman keras (miras), senjata tajam (sajam), senjata api, serta barang-barang ilegal lainnya.

"Sweeping dilaksanakan pada malam hari, untuk mengantisipasi kemungkinan besar para pelintas ilegal melaksanakan aksinya dengan memanfaatkan suasana yang gelap dan sepi," katanya.


Sementara itu, Danki SSK III Lettu Inf Sigit (Danpos Balaikarangan) Satgas Pamtas Yonif 642 mengatakan bahwa kegiatan sweeping seperti ini secara rutin dilaksanakan oleh anggota Pos Balaikarangan.

"Hal ini guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, khusunya jalan lintas Pos Balaikarangan," ucapnya.

(aik/aik)