Teluk Jakarta Dilaporkan Ketambahan Sampah Medis, Begini Kondisi Terkini

Syahidah Izzata - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 16:46 WIB
Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)
Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan adanya peningkatan volume sampah medis berupa masker hingga baju hazmat di Teluk Jakarta pada masa pandemi COVID-19. Begini kondisi terbaru tumpukan sampah Teluk Jakarta.

Tim detikcom menyambangi lokasi penelitian di muara sungai Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (2/1/2021) pukul 14.30 WIB.

Di titik pertama ini, tidak terlihat penumpukan sampah medis. Hanya segelintir sampah plastik yang mengambang di sekitar sungai.

Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)

Muara Sungai Cilincing juga dipenuhi perahu milik nelayan setempat. Warga sekitar menyebut belum melihat adanya penumpukan sampah APD di sekitar muara.

"Kalau di sini sampah rumah tangga aja, belum lihat (sampah medis)" ujar Ibu Wiwi, warga sekitar mengenai penumpukan sampah di muara Sungai Cilincing.

Lebih lanjut, sekitar 4 menit dari lokasi pertama, terdapat penumpukan sampah lainnya di pesisir. Sampah didominasi plastik, styrofoam, dan beberapa jenis sampah lainnya. Namun tak ditemukan sampah medis.

Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom) Foto: Kondisi di pesisir Teluk Jakarta, 2 Januari 2020. (Syahidah Izzata/detikcom)

Tonton video 'Penampakan Gundukan Sampah di Teluk Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, LIPI menemukan adanya peningkatan volume sampah medis:

Selanjutnya
Halaman
1 2