KPAI Sarankan Gading Beri Penguatan Psikologi terhadap Gempi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 08:38 WIB
Kantor KPAI
KPAI (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai dampak negatif kasus video seks Gisella Anastasia akan berpengaruh terhadap psikologi putri Gisel, yakni Gempita Nora Marten. KPAI pun menyarankan agar sang ayah Gading Marten memberikan penguatan psikologi Gempi.

"Saya kira sekarang ini kan orang tua yang bisa membantu supaya Gempi tidak mengalami dampak psikologi. Mungkin Gading itu bisa memberikan penguatan-penguatan kepada Gempi," kata komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI Margaret Aliyatul kepada wartawan, Jumat (1/1/2021).

"Kalau Gading tidak mampu melakukan itu, ya bisa minta tolong kepada orang yang berkompeten, misalnya psikolog atau siapa yang bisa membantu, yang memang orang punya kewenangan di situ untuk psikologi anak," imbuhnya.

Dia menyebut dampak negatif terhadap psikologi Gempi bukan hanya karena perbuatan Gisel dalam kasus tersebut. Menurutnya, faktor perundungan masyarakat terhadap Gisel pun akan berdampak pada psikologi anak.

"Gempi kan masih usia sangat anak-anak dan nggak tahu apakah sudah mengerti apa yang dilakukan oleh ibunya. Tapi kalau kemudian orang banyak yang mencaci, kemudian mengolok-olok Gisel, itu kan otomatis bisa berdampak pada Gempi," ujar Margaret.

Oleh karena itu, Margaret meminta masyarakat tak terus menyudutkan Gisel terkait kasus tersebut. Menurutnya, masyarakat harus belajar bijak dalam menyikapi perkara tersebut.

"Dalam artinya, ya, namanya orang salah, nggak perlu juga kemudian dihabis-habisin. Tapi kan bisa membangun, menjadikan ini sebagai pelajaran bersama, bahwa 'oh kita harus seperti ini'. Mengambil nilai-hikmah dari pelajaran kasus ini, bukan kemudian semakin menyudutkan dua orang yang bersalah, dalam hal ini Gisel dan juga cowok yang dalam video itu," jelasnya.

Simak video 'Gisel Disarankan untuk Serahkan Hak Asuh Anak ke Gading':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2