Round-Up

10 Fakta Pelajar di Cianjur Jadi Tersangka Parodi Indonesia Raya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 06:40 WIB
Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Dok Istimewa)
Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang pelajar di Cianjur, Jawa Barat, menjadi tersangka kasus parodi lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Laki-laki yang belum masuk kategori usia dewasa ini bikin sibuk polisi dua negara.

Berikut adalah 10 fakta dari pelajar di Cianjur ini, dikumpulkan dari pemberitaan detikcom hingga Sabtu (2/1/2021) pagi.

1. Ditangkap berkat kerja Polri, PMJ, Polda Jabar, PDRM

MDF ditangkap berkat kerja sama Kepolisian Republik Indonesia (Polri), termasuk Polda Metro Jaya (PMJ) dan Polda Jawa Barat, serta Polis Diraja Malaysia (PDRM).

"Jadi kemarin, selain menggunakan HP, juga ada Zoom antara Bareskrim Polri dengan PDRM Malaysia. Jadi saling menukar informasi terkait video di kanal YouTube tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan persnya di Markas Besar Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2021).

Di Indonesia, Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Polda Jabar. "Tim Gabungan PMJ dan Polda Jabar di bawah Siber Mabes," ungkap Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi dalam keterangan terpisah.


2. Ditangkap di Cianjur

MDF si pelajar SMP ini ditangkap di rumahnya, di Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat, pada Kamis (31/12/2020) malam. Dia kemudian dibawa ke kantor Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta, untuk diperiksa.

"Tadi malam dia kita tangkap di rumahnya dan dia kelas III SMP di Cianjur," kata Argo Yuwono.

Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Dok Istimewa)Tersangka pelaku kasus video parodi Indonesia Raya, MDF, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)

3. Ternyata WNI

MDF bukan orang Malaysia. Dia Warga Negara Indonesia. MDF adalah anak kelas III SMP di Cianjur, Jawa Barat. Hanya, MDF ini menjalin pertemanan dengan NJ (11), yang tinggal di Sabah, Malaysia, meski NJ adalah WNI juga.

Sebelumnya, video lagu 'Indonesia Raya' dibuat parodi. Video itu berjudul 'Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)'. Video parodi itu awalnya diunggah oleh salah satu akun YouTube yang berlogo bendera Malaysia. Di video itu, terdapat ayam berlambang Pancasila dengan latar warna merah-putih.

Tonton video 'Polisi Usut Pemicu Kemarahan Pelaku, Berujung Parodikan Indonesia Raya':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, sempat ribut dengan teman di Malaysia:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3