Sampah Tahun Baru 2021 Jakarta Berkurang, DLH DKI Jakarta: Hanya 3,2 Ton

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 01 Jan 2021 14:19 WIB
Meski tidak ada perayaan malam pergantian tahun 2021 di Jakarta, pagi ini pasukan oranye tetap bekerja. Mereka membersihkan sampah di sejumlah titik.
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebutkan sampah di DKI Jakarta pada perayaan tahun baru 2021 sebanyak 3,2 ton. Jumlah ini disebut menurun dari jumlah sampah di perayaan tahun baru sebelumnya yang mencapai 125 ton.

"Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun di DKI sebanyak 3,2 ton. Jumlah ini turun drastis dari tonase tahun lalu yang mencapai 125 ton," kata Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Syaripudin mengatakan pihaknya telah selesai membersihkan sampah sisa perayaan tahun baru tersebut hingga pukul 02.00 WIB.

"Pukul 02.00 WIB, Ibu Kota telah kembali bersih," tuturnya.

Syaripudin menilai, berkurangnya jumlah sampah di ibu kota karena adanya pembatasan aktivitas warga oleh pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pihak Pemprov sendiri diketahui melarang adanya kerumunan terkait perayaan tahun baru 2021.

"Ketegasan Pemprov DKI dan kedisiplinan warga Jakarta dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan mencegah kerumunan berimbas juga ke jumlah sampah," ujar Syaripudin.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan Pemprov DKI tidak memperkenankan adanya kerumunan selama perayaan tahun baru 2021. Warga diminta patuh dan taat terhadap kebijakan yang ditetapkan demi memutus penularan COVID-19.

"Jadi berbagai bentuk acara apapun yang menimbulkan kerumunan tidak kita perkenankan. Kami mohon warga selalu patuh dan taat, kedisiplinan kita yang akan membawa kita memutus mata rantai COVID-19," tegasnya.

Riza mengungkapkan, hal itu diatur dalam Ingub Nomor 64 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengendalian serta Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang pengendalian kegiatan masyarakat. Riza bersama TNI-Polri akan melakukan sidak untuk memantau pergerakan warga DKI Jakarta saat malam tahun baru.

"Ya jadi kami sudah mengeluarkan ingub dan seruan gubernur dan beberapa surat edaran terkait, memang sejak hari ini dan besok, kita meniadakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya ada di akhir tahun di mana merayakan malam tahun baru dengan berbagai kegiatan musik, tarian, kuliner dan budaya serta sebagainya, termasuk kembang api tahun ini ditiadakan, bahkan seluruh pelaku usaha, mulai dari hotel restoran tempat wisata semuanya tidak kita perkenankan melaksanakan menyelenggarakan kegiatan tahun baru. Kita akan tutup mulai pukul 19.00 WIB ini," terangnya.

Tonton video 'Penampakan Pantai Kuta Dipenuhi Sampah Jelang Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)