Dandim Jakpus Jelaskan Fungsi Pos 3 Pilar yang Akan Dibangun di Petamburan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Jan 2021 06:36 WIB
Pos Keamanan 3 Pilar akan dibangun di dekat eks markas FPI di Petamburan, Jakarta. (Foto: Tim detikcom)
Pos Keamanan 3 Pilar akan dibangun di dekat eks markas FPI di Petamburan, Jakarta. (Foto: Tim detikcom)
Jakarta -

Pos tiga pilar akan dibangun di Petamburan, Jakarta Pusat. Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief menjelaskan sejumlah fungsi pos tersebut.

"Nanti di sana gabungan TNI-Polisi maupun dari pemerintah daerah, lurah, dari RT/RW. Itu permintaan dari masyarakat di sana, sehingga kita sama-sama mendirikan suatu tempat posko keamanan," ujar Luqman saat dihubungi, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, salah satu fungsi posko tiga pilar itu untuk mengawasi keluar masuk warga luar Petamburan. Nantinya, petugas yang ada di pos melakukan pengecekan terhadap orang yang bukan warga Petamburan.

"Fungsinya pertama untuk mengontrol khususnya warga yang luar petamburan yang keluar masuk," katanya.

Selain itu, kata Luqman, pos tiga pilar itu juga nantinya akan menyediakan stok obat. Bagi warga yang membutuhkan obat, bisa mendatangi pos tersebut.

"Di samping itu ada tempat kesehatan kecil, nanti kita taruh obat-obatan, sehingga nanti kalau ada stok nanti kita berikan secara gratis, itu rencana ke depan, dan kita juga kalau yang terdampak covid membutuhkan sembako kita bisa dorong atau bisa datang ke posko," katanya.

Menurutnya, posko tiga pilar itu seharusnya sudah mulai dibangun pada Kamis (31/12). Harusnya sudah mulai sekarang, kita kebut dulu dirikan pos di situ," imbuh Luqman.

Sebelumnya, sejumlah anggota TNI melakukan penjagaan di Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, usai spanduk FPI dicopot di lokasi. Sebuah posko pengamanan 3 pilar pun akan dibangun di dekat eks markas FPI.

(man/isa)