Jelang Pergantian Tahun, Kapolda Metro Berterima Kasih Warga DKI Tak Berkerumun

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 23:51 WIB
Kapolda Metro Jaya (Lukman/detikcom)
Foto: Kapolda Metro Jaya (Lukman/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyambangi Bundaran HI, Jakarta Pusat, di malam pergantian tahun. Mereka memantau situasi car free night dan crowd free night di kawasan Sudirman-Thamrin.

Pantauan detikcom, Kamis (31/12/2020), rombongan Kapolda Metro Jaya tiba pukul 22.55 WIB.a

"Sampai dengan saat ini mendekati jarum 23.00 situasi Ibu Kota terkendali, aman, tidak ada kejadian menonjol dan tidak ada kerumunan. Alhamdulillah konsep kita untuk crowd dan car free night bisa dipahami masyarakat," kata Fadil di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (31/12/2020).

Fadil menyebut tujuan Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI untuk menghindari penyebaran COVID-19 bisa dipahami warga. Mantan Kapolda Jawa Timur itu juga menyebut tidak ditemukan pelanggaran protokol kesehatan.

"Demikian juga dengan hotel, tempat hiburan, restoran, kafe di beberapa titik menjadi sentral kegiatan-kegiatan tersebut setelah dilakukan pengecekan jajaran Satpol PP bersama Polda dan Kodam Jaya yang tergabung dalam Tim Pemburu Pelanggar protokol kesehatan sampai saat ini tidak ditemukan pelanggaran-pelanggaran protokol kesehatan," ujarnya.

Fadil menyebut masih akan mengevaluasi ke depan sehingga penanganan pencegahan COVID-19 dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

"Mudah-mudahan model pengamanan, model pencegahan kerumunan ini akan kita evaluasi ke depan sehingga bermanfaat dalam memutus mata rantai COVID sekaligus menciptakan rasa aman bagi masyarakat Jakarta," ungkap Fadil.

Sementara itu, Mayjen TNI Dudung menyebut kesuksesan pelaksanaan car dan crowd free night ini turut menjadi kebanggaan warga Jakarta.

"Ini merupakan kebanggaan kita bersama bahwa masyarakat sudah begitu sadar karena peningkatan COVID sudah semakin meningkat sehingga masyarakat sudah memahami," kata Dudung.

Di saat yang sama, Wagub Ariza meminta masyarakat tetap berada di rumah dan merayakan Tahun Baru bersama keluarga.

"Kami minta masyarakat tetap di rumah masing-masing nikmati malam Tahun Baru bersama warga," ungkap Ariza.

(isa/isa)