Antisipasi Arus Balik Liburan, Tol Purbaleunyi Siapkan Top Up Vending Machine

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 22:01 WIB
Masa libur panjang segera berakhir. Situasi arus lalu lintas di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, dari arah Cikampek menuju jakarta mengalami kemacetan panjang.
ilustrasi tol (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) mengantisipasi kepadatan arus balik libur panjang di beberapa ruas jalan tol. Salah satunya dengan menyiapkan vending machine hingga mobile reader untuk mengantisipasi antrean di gerbang tol (GT).

"Kami menyediakan mobile reader untuk transaksi, sekarang sedang dilaksanakan uji coba top up dan beli kartu menggunakan vending mesin, sudah jalan 3 hari ini," ujar General Manager Representative Office 3 Thomas Dwiatmo Hartono dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (31/12/2020).

Vending machine untuk top up kartu tersebut disiapkan di 3 titik yakni di Rest Area KM 88 B (Tol Purbaleunyi arah Jakarta), GT Pasteur dan GT Cileunyi.

"Kita siapkan layanan jalan tol kita di titik arus balik, karena di arus balik ini--nanti seperti perkiraan kami 3 Januari--akan terjadi penumpukan, khususnya di Rest Area 125 jalur B dan Rest Area 97B yang merupakan rest area favorit," jelasnya.

Selain itu, JMT juga menyiapkan personel untuk melayani transaksi secara mobile. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pada saat transaksi di titi-titik gerbang tol menuju Jakarta.

"Untuk kesiapan kami di ruas Cipularang-Padaleunyi untuk natal dan tahun baru kami siapkan petugas untuk transaksi 25 orang di GT Kalihurip Utama, Pasteur dan Cileunyi," tuturnya.

Sementara itu, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti menambahkan, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian dalam pelaksanaan rapid test. Pada arus mudik libur natal dan tahun baru, rapid test telah diselenggarakan di beberapa titik.

"Terkait rapid test kemarin sudah dilakukan di KM 72A, 92A dan 72B, KM 72A di tanggal 30 Desember, kemudian tanggal 31 Desember di Rest Area 91A dan 91B Tol Padaleunyi. Untuk tahun baru belum terinfo apakah ada atau tidak (rapid test) dari kepolisian," katanya.

(mei/isa)