Analisis BMKG terkait 2 Gempa di Nias dan Maumere di Hari Terakhir 2020

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 19:56 WIB
Ilustrasi gempa
Foto: Ilustrasi/AFP
Jakarta -

Dua gempa terjadi di Nias, Sumatera Utara dan Maumere, Nusa Tenggara Timur, hari ini. BMKG menyebut dua gempa itu dipicu oleh aktivitas lempeng Indo-Australia.

"Kedua gempa ini sama-sama dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia," tulis Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Kamis (31/12/2020).

Daryono menjelaskan pada kasus gempa Maumere terjadi deformasi batuan di kedalaman menengah 116 kilometer. Sementara gempa di Nias dipicu deformasi batuan di kedalaman dangkal 23 kilometer di zona megathrust.

"Kedua gempa ini sama-sama memiliki dampak dirasakan guncangannya dalam skala intensitas III MMI," tulis Daryono.

Skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Dari catatan BMKG, gempa di Maumere dirasakan hingga di Ende dan Waingapu sementara gempa di Nias dirasakan hingga di Teluk Dalam.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa Maumere diikuti satu gempa susulan, sementara Gempa Nias belum terjadi gempa susulan. Kedua gempa ini tidak memiliki hubungan karena jaraknya yang cukup jauh dengan sumber gempa yang berbeda," terang Daryono.

Diketahui, 2 gempa itu terjadi berdekatan. Gempa Maumere terjadi pukul 17.18 WIB sementara gempa di Nias terjadi pukul 17.49 WIB. Kedua gempa ini sama-sama memiliki magnitudo 5,2.

(isa/dhn)