Beda dengan Fadli Zon, Legislator Gerindra Ini Nilai Pelarangan FPI Tepat

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 06:10 WIB
Politikus Gerindra Fadli Zon mengusulkan agar pemerintah memberikan gelar Kota Perjuangan kepada Bukittinggi.
Foto: Fadli Zon (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Waketum Partai Gerindra Fadli Zon mengkritik pemerintah yang menyatakan FPI kini terlarang. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra yang satu ini menilai pelarangan FPI sudah tepat.

"Jadi terkait pembubaran FPI sebagai ormas terlarang karena memang ini sudah dikeluarkan Menkum HAM dan juga pada saat pendaftaran dengan Mendagri lalu tidak terdaftar, maka apa yang sudah dilakukan pemerintah itu saya kira tepat karena bagaimanapun juga organisasi ini tidak terdaftar di Kemendagri maupun sudah dibatalkan badan hukumnya Kemenkum HAM," kata anggota Komisi III DPR F-Gerindra Wihadi kepada wartawan, Kamis (31/12/2020).

Dia menilai jika FPI mengubah nama, maka itu harus melewati sejumlah proses sebelum resmi. Proses itu sesuai UU Ormas.

"Apabila ada nama organisasi yang baru, itu pun mesti melalui proses hukum termasuk harus didaftatkan. Di Kemendagri, sesuai aturan hukum UU Ormas yang berlaku," sebut Wihadi.

Wihadi menegaskan pelarangan FPI oleh pemerintah sudah tepat. Dia menegaskan FPI sudah lama tak terdaftar ulang.

"Untuk itu langkah pemerintah ini kami nilai sudah tepat karena sesuai aturan hukum memang sudah ada pembatalan badan hukum di Kemenkum HAM dan tak terdaftar sejak ada pendaftaran ulang di Kemendagri," ucap Wihadi.

Simak video 'FPI Dilarang, Brimob-TNI Masih Jaga Kawasan Petamburan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2