Top 5 News

FPI Resmi Dilarang hingga RI Beli 50 Juta Vaksin AstraZeneca-Novavax

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 19:36 WIB
top 5 news
Foto: top 5 news
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang Front Pembela Islam (FPI). Menko Polhukam Mahfud Md membeberkan sejumlah alasan terkait pelarangan FPI, salah satu adalah FPI melakukan sweeping secara sepihak dan melakukan kegiatan yang melanggar.

Sementara itu, Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan produsen vaksin Corona AstraZeneca dan Novavax. Pemerintah menyatakan akan mendapatkan masing-masing 50 juta dosis dari kedua produsen vaksin Corona tersebut.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (30/12/2020).

1. Pemerintah Resmi Larang FPI

Pemerintah resmi melarang kegiatan penggunaan simbol dan atribut Front Pembela Islam (FPI). Apabila masih ada kegiatan yang memakai simbol FPI, aparat penegak hukum akan mengambil langkah untuk menghentikannya.

Menko Polhukam Mahfud Md membeberkan sejumlah alasan terkait pelarangan FPI. Salah satu alasannya adalah FPI melakukan sweeping secara sepihak dan melakukan kegiatan yang melanggar.

Artikel Selengkapnya: Ini Alasan Pemerintah Larang FPI

2. RI Beli 50 Juta Vaksin AstraZeneca-Novavax

Pemerintah Indonesia telah menandatangani perjanjian pembelian 50 juta dosis vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Oxford-AstraZeneca. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu Menkes menyebut pemerintah juga telah mengamankan 50 juta dosis vaksin Novavax. Pembelian 2 jenis vaksin ini disebut cukup untuk memberikan variasi produk yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Artikel Selengkapnya: RI Tambah 100 Juta Vaksin Lagi

3. Gisel-Nobu Diperiksa Sebagai Tersangka 4 Januari

Polda Metro Jaya telah menetapkan Gisella Anastasia atau Gisel dan Michael Yukinobu Defretes sebagai tersangka kasus video syur. Gisel dan Nobu nantinya akan diperiksa sebagai tersangka kasus video syur pada awal 2021 nanti.

Seperti diketahui, Gisel dan Nobu ditetapkan sebagai tersangka kasus video syur. Keduanya mengakui sebagai pemeran video asusila. Gisel sendiri mengakui merekam video syur untuk dokumentasi pribadi. Meski begitu, Gisel dan Michael Yukinobu Defretes tetap diproses hukum lantaran video mesum itu sudah menjadi konsumsi publik.

Artikel Selengkapnya: Gisel-Nobu Bakal Dipertemukan di Polda Metro Jaya

4. Mensos Risma Blusukan ke Kolong Jembatan

Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali blusukan pagi tadi menemui sekelompok warga yang tinggal di bawah tol Gedong Panjang, Pluit, Jakarta Utara. Risma mengajak mereka berdiskusi dan menawarkan usaha pecel lele.

Saat blusukan, Risma memotivasi penghuni kolong tol tersebut agar memiliki semangat memperbaiki taraf hidup dan menawarkan program pemberdayaan. Risma mempersilahkan para pria penghuni bawah tol untuk meneruskan pekerjaan sebagai pemulung. Namun, kepada ibu-ibu di sana, dia menawarkan membuka usaha pecel lele.

Artikel Selengkapnya: Momen Risma Blusukan di Pluit

5. Video Dukungan FPI ke ISIS

Pemerintah menampilkan kompilasi video dukungan FPI terhadap ISIS. Video itu diputar setelah Menko Polhukam Mahfud Md mengumumkan pelarangan FPI. Dalam salah satu video tersebut, Habib Rizieq juga menyebut perlawanan kezaliman terhadap Amerika Serikat. Menurut dia, ini merupakan cita-cita yang baik.

Artikel Selengkapnya: Ini Video Lengkap Dukungan FPI ke ISIS

(mul/mpr)