Polda Metro Larang Warga Nyalakan Kembang Api di Malam Tahun Baru

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 16:30 WIB
kembang api
Ilustrasi kembang api (Foto: dok. Shutterstock)
Jakarta -

Polda Metro Jaya melarang segala bentuk kegiatan kerumunan di Jakarta saat malam tahun baru, termasuk menyalakan kembang api. Polisi akan menindak tegas warga yang membandel.

"Jakarta sudah tidak ada apa-apa, tidak ada pesta kembang api, tidak ada perayaan, tidak ada panggung, dan tidak ada segala macam," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Purnomo Yogo kepada wartawan di TMC Polda Metro Jaya, Rabu (30/12/2020).

Sambodo mengatakan masyarakat juga dilarang menyalakan kembang api saat malam tahun baru. Jika ada yang nekat meledakkan kembang api, sebut Sambodo, pihak kepolisian akan melakukan penangkapan.

"Bahkan dari jajaran intelijen juga sudah sampaikan pelarangan penggunaan kembang api 2 inci ke atas, itu sudah dilarang. Kalau ada yang ledakkan kembang api, kita tangkap," ucapnya.

Pihak yang ditangkap akan diproses lantaran melanggar protokol kesehatan.

"Kita tangkap dan kita proses karena langgar aturan dan prokes," imbuhnya.

Tak hanya itu, Sambodo memastikan pihaknya juga akan mengamankan siapa pun yang berkerumun pada malam tahun baru. Pihak yang diamankan juga akan di-rapid test.

"Pemda akan bubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang masih coba-coba berkerumun. Kita akan amankan untuk kita rapid test," ujar Sambodo.

Simak video 'Kakorlantas: Tak Ada Kembang Api, Tak Boleh Ada Kerumunan di Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/mea)