d'Rooftalk: 'Refleksi Tahun Pandemi'

detikTV - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 09:30 WIB
Jakarta -

Tahun 2020 bukanlah tahun yang mudah bagi kita semua. Pandemi COVID-19 yang mulai muncul di Indonesia pada bulan Maret sangat berimbas kepada banyak hal. Setelah WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi, Indonesia mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona di berbagai wilayah.

Pemerintah kemudian mulai gencar mengkampanyekan protokol kesehatan serta bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Pemberitaan baik di media elektronik maupun media online didominasi oleh COVID-19.

Sektor perekonomian pun sangat terpukul sejak diterapkannya PSBB yang mensyaratkan orang untuk beraktivitas di dalam rumah. Banyak perusahaan dan UMKM yang merugi dan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pada bulan Juni, pemerintah akhirnya menerapkan tatanan kehidupan baru (new normal) untuk menyelamatkan roda perekonomian.

Di sektor politik, sejumlah peristiwa mewarnai hiruk pikuk kehidupan politik nasional. Mulai dari digodoknya Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila yang digodok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan mendapat resistensi masyarakat, hingga Pilkada Serentak 2020 yang tetap digelar di tengah meluasnya pandemi COVID-19.

Selain itu, pengesahan RUU Cipta Kerja pada 5 Oktober 2020 oleh DPR di tengah juga menuai gelombang demonstrasi dari berbagai unsur masyarakat di tengah pandemic COVID-19. Kemudian di bulan November, kondisi politik semakin panas sejak kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. Kepulangan Habib Rizieq diwarnai oleh berbagai peristiwa mulai dari pelanggaran protokol kesehatan karena membludaknya massa hingga penembakan 6 laskar pengawal Habib Rizieq.

Sementara di bidang hukum, KPK berhasil menangkap dua menteri di kabinet Joko Widodo. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap atas dugaan suap ekspor benur. Kemudian, KPK juga menangkap Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang tersandung dugaan suap dana bantuan sosial corona.

Di penghujung tahun ini, D'Rooftalk membahas berbagai peristiwa yang menjadi sorotan sepanjang 2020. Alfito Deannova didampingi Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang akan membahasnya bersama guru besar hukum UGM Zainal Arifin Mochtar, ekonom senior Faisal Basri dan analis politik Hendri Satrio. Simak perbincangannya dalam D'Rooftalk: 'Refleksi Tahun Pandemi' secara streaming hari Rabu 30 Desember 2020 pukul 19:30 WIB hanya di detikcom.

(hnf/hnf)