Kapolda: 300 Lebih Polisi di Kaltim Terpapar COVID, Puluhan Masih Perawatan

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 20:16 WIB
Irjen Herry Rudolf Nahak.
Irjen Herry Rudolf Nahak (Muhammad Budi Kurniawan/detikcom)
Samarinda - Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Herry Rudolf Nahak buka-bukaan perihal penyebaran virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Herry mengungkapkan saat ini total polisi di Kaltim yang terpapar COVID-19 mencapai lebih dari 300 orang.

"Saya buka-bukan saja, saat ini terhitung ada 300 lebih personel Polri di Kaltim yang terpapar COVID-19 dan puluhan personel masih dalam perawatan," kata Herry saat konferensi pers akhir tahun 2020, Selasa (29/12/2020).

Herry juga menjabarkan jabatan polisi yang terpapar Corona. Bahkan, sebut dia, keluarga polisi pun ada yang terpapar.

"Dari istri Wakapolres Berau, 3 anak-anaknya, hingga pembantu pun ikut terpapar COVID-19. Bahkan, Wakapolres Kutim juga. Sampai menyebabkan beliau meninggal dunia," ungkapnya.

Herry juga mengaku sempat kepikiran usai mendapat kabar Kapolres Samarinda Kombes Arif Budiman positif COVID-19. Sebab, dia mengaku sempat berinteraksi dengan Kombes Arif sebelum diketahui positif Corona.

"Padahal beberapa waktu lalu, sebelum Pak Kapolres Samarinda mengabari saya bahwa ia positif, saya bersama dia, selama 2 hari di Samarinda menghadiri kegiatan," terang Herry.

Jenderal bintang dua itu mengaku sempat sakit saat tahu Kombes Arif positif Corona. Dia pun langsung memeriksakan diri.

"Saat tahu Kapolres Samarinda positif, tiba-tiba badan saya langsung meriang. Beruntungnya, saat melakukan rapid test hasilnya negatif," cerita Herry.

Karena itu, Herry mengingatkan seluruh jajaran menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, menggunakan sabun dan air yang mengalir. Dia juga meminta jajarannya agar tak henti mengedukasi masyarakat.

"Kalau masyarakat tidak percaya, tugas kita yang memberi tau masyarakat kalau COVID itu ada dan sangat berbahaya," pungkasnya. (zak/zak)