Risma Bakal Bikin Sistem Bansos Antipotongan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 12:47 WIB
Tri Rismaharini resmi menjadi Menteri Sosial usai serah-terima jabatan dari Muhadjir Effendy, yang didapuk menjadi menteri ad interim. Saat sertijab itu, Risma tampak anggun mengenakan kebaya berwarna merah.
Mensos Risma (Pradita Utama/detikcom)

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menjelaskan skema bantuan sembako di Jabodetabek diubah menjadi bantuan langsung tunai. Nantinya bantuan akan diantar petugas pos.

"Yang terakhir adalah untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena nanti kalau datang ke kantor pos kita khawatirkan nanti timbul kerumunan," ujar dia.

Muhadjir juga menyampaikan imbauan serupa agar bantuan tak digunakan masyarakat untuk membeli rokok. Hal itu, kata Muhadjir, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Adapun penggunaannya pertama untuk bantuan langsung tunai saya minta kepada keluarga penerima manfaat untuk mematuhi sesuai dengan pedoman yang telah diterbitkan oleh Kementerian Sosial antara lain apa yaitu untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan masalah pangan dan yang penting lagi bapak presiden tadi sudah wanti-wanti untuk tidak digunakan membeli rokok. Sekali lagi jadi bantuan ini tidak boleh sama sekali untuk digunakan membeli rokok sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden," ujar Muhadjir.


(knv/tor)