PBNU Puji Aa Gym Umumkan Positif Corona: Cermin yang Baik untuk Warga

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 11:54 WIB
Helmy Faishal Zaini/Dok Istimewa
Helmy Faishal Zaini (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memuji Aa Gym yang mengumumkan dirinya positif Corona (COVID-19). PBNU juga mendoakan agar Aa Gym segera diberikan kesembuhan.

"Kita berdoa yang terbaik mudah-mudahan segera diberi kesembuhan dan sebagai tokoh masyarakat saya kira Aa Gym telah memberikan contoh yang baik dengan menyampaikan ke publik bahwa dirinya positif," kata Sekjen PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Helmy mengatakan pengumuman yang dilakukan Aa Gym akan berimplikasi kepada pelacakan kontak sehingga orang yang bertemu dengan Aa Gym dalam beberapa hari terakhir akan dilakukan tes swab.

"Tentu ini kan berimplikasi kepada orang-orang yang mungkin selama, paling nggak seminggu ini berkomunikasi dengan beliau untuk juga melakukan swab untuk bisa memutus mata rantai COVID itu," katanya.

Helmy juga menyinggung Ketum PBNU Said Aqil Siroj yang menginformasikan bahwa dia positif Corona. Dia mengatakan keterbukaan informasi soal COVID-19 itu contoh yang baik bagi masyarakat.

"Sebagaimana yang sudah dilakukan kemarin Kiai Said sudah mengumumkan, banyak tokoh juga mengumumkan. Saya kira ini salah satu cermin yang baik di masyarakat. Mudah-mudahan bisa kumpul kembali bersama keluarga dan juga beraktivitas seperti biasa," jelasnya.

Diketahui, Aa Gym mengumumkan bahwa positif COVID-19. Kabar ini ia sampaikan melalui kanal YouTube pribadinya, Selasa (29/12).

"Alhamdulillah setelah di swab kemarin ternyata hasilnya positif. Alhamdulillah berarti harus karantina," katanya.

Aa Gym mengatakan dirinya rutin melakukan pemantauan, salah satunya mengecek kadar saturasi oksigen. Dalam video tersebut, ia memperlihatkan saturasi oksigennya 98 dan suhu badannya 36,3 derajat Celsius.

"Kondisi Aa sekarang hanya batuk, kendalanya alhamdulillah tidak ada sesak, tidak ada pusing yang berlebihan," ujarnya.

(lir/fjp)