Round-Up

Mahfud Disindir Sebatas Asumsi saat Sanjung Firli Lebih Berprestasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Des 2020 06:53 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Mahfud Md (Foto: ANDHIKA PRASETIA/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menilai kinerja KPK era Firli Bahuri lebih berprestasi dibanding era Agus Rahardjo dkk. Namun Indonesia Corruption Watch (ICW) menyindir penilaian Mahfud yang disebut hanya sebatas asumsi.

Mahfud berbicara KPK saat ini dianggap lemah dan pemerintah dituding menjadi biang keladi dari pelemahan. Lalu Mahfud menyebut di tahun pertama KPK era Firli lebih berprestasi daripada KPK sebelumnya.

"KPK dianggap lemah, lalu pemerintah lagi yang dituding gitu. Padahal kita sudah mengatakan KPK itu independen. Meskipun sebenarnya saudara, kalau mau kita objektif, tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya jauh lebih banyak sekarang prestasinya," kata Mahfud dalam diskusi Dewan Pakar KAHMI bertajuk 'Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya', yang digelar secara virtual, Senin (28/1/2020).

Mahfud menyebut tahun pertama KPK era Agus Rahardjo tak bisa berbuat apa-apa. Berbeda dengan KPK saat ini yang disebut Mahfud lebih berprestasi karena menangkap dua menteri yakni Edhy Prabowo dan Juliari P Batubara.

"Kita ingat Agus Rahardjo menjadi ketua KPK pertama bersama Saut dan sebagainya itu tahun pertama nggak bisa berbuat apa-apa," katanya.

"Ini sekarang setahun sudah bisa berani menangkap menteri. DPR, DPD, DPRD, bupati, wali kota juga ditangkepin juga. Sudah lebih banyak saat ini sebenarnya," sambungnya.