Pria di Kaltim Tega Bunuh Keluarga Gegara Setahun Motor Tak Dikembalikan

Budi Kurniawan - detikNews
Senin, 28 Des 2020 16:02 WIB
Close up of Hand with knife following young terrified man ,Bandit is holding a knife in hand. Threat Concept
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/chingyunsong)
Jakarta -

Sulaiman (27), warga Desa Mandu Sangkulirang, Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim), tega membunuh Ramli (40) yang tak lain masih berhubungan keluarga. Sulaiman tega membunuh Ramli lantaran motor milik adiknya yang dipinjam selama setahun tak kunjung dikembalikan.

Peristiwa pembunuhan itu terjadi pada Minggu (27/12) pukul 13.30 Wita. Sulaiman mendatangi rumah Ramli untuk meminta motor milik adiknya. Mengetahui motor tersebut dijual, Sulaiman pun meminta uang hasil penjualan motor milik adiknya.

"Keduanya pun sempat beradu mulut, saat korban ingin pergi mengambil sebuah parang, ternyata pelaku yang membawa sebilah sajam (parang) langsung mengejar dan menebas parang ke badan korban," jelas Kapolsek Sangkulirang Iptu Damiatus Jelatu saat dikonfirmasi, Senin (28/12/2020).

Sulaiman terus menyerang Ramli, yang sudah tersungkur, hingga mengakibatkan korban mengalami luka yang cukup parah dan akhirnya meninggal dunia.

"Setelah membunuh pelaku kemudian melarikan diri ke dalam hutan, menerima laporan itu, anggota kami pun langsung melakukan pengejaran," terangnya.

Dua jam melakukan pengejaran, Sulaiman yang bersembunyi di dalam hutan pun berhasil dibekuk beserta barang bukti parang yang dipakai untuk membunuh Ramli.

"Pengakuan pelaku, dirinya kesal lantaran saat meminta motor adiknya, pelaku mengatakan 'Itu bukan urusanmu', hingga terjadilah pembunuhan itu," ungkap Jelatu.

Saat ini pelaku telah ditahan di Polres Kutai Timur untuk diperiksa lebih lanjut. Dia dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

"Khusus ini masih kita kembangkan, jika terbukti pelaku melakukan pembunuhan berencana akan kami kenakan Pasal 340 (KUHP) tentang pembunuhan berencana," pungkasnya.

(jbr/jbr)