Golkar Usung 60 Kader Milenial di Pilkada Serentak 2020

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Minggu, 27 Des 2020 20:48 WIB
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia (Mochammad Zhacky/detikcom)
Foto: Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Dalam kontestasi di 270 daerah pada Pilkada serentak 2020 kemarin, data menunjukkan Partai Golkar telah mengusung 60 tokoh muda/milenial, berumur 25-40 tahun atau sama dengan 22,52%. Dari 60 tokoh itu, sebanyak 37 diusung sebagai calon kepala daerah (13,70%) dan 23 diusung sebagai calon wakil kepala daerah.

"Alhamdulillah dari 60 yang kami usung itu, sebanyak 26 berhasil terpilih menjadi bupati dan wali kota, dan 15 terpilih menjadi wakil bupati. Dan 15 yang terpilih menjadi bupati dan wali kota, serta 8 yang terpilih menjadi wakil bupati itu adalah kader murni Partai Golkar," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020).

Selain itu, Partai Golkar juga mengusung 23 calon kepala daerah dari unsur perempuan dari seluruh 270 daerah yang mengikuti Pilkada. Dan dari 23 itu, ada 11 yang terpilih menjadi bupati, yang 7 di antaranya adalah kader murni Partai Golkar.

"Jadi Golkar saat ini memiliki kepala daerah dari unsur perempuan di setiap pulau-pulau besar, beberapa ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku," ujarnya.

Sejak awal, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berpesan agar dalam penjaringan dan penyusunan pencalonan pasangan kepala daerah, kalau ada tokoh potensial yang berasal dari unsur kalangan muda dan perempuan untuk diperhatikan.

"Golkar memiliki komitmen yang tinggi untuk mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin muda, tokoh milenial, generasi baru. Termasuk dari daerah, yang Insyaallah ke depan dapat menjadi tokoh nasional, guna menjamin keberlangsungan masa depan bangsa Indonesia. Aspirasi kaum ibu juga akan semakin terakomodir dengan banyaknya kepala daerah yang berasal dari unsur perempuan," tutup Doli.

(akn/ega)