Tanjung Selamat Medan Juga Banjir, SAR Evakuasi Warga untuk Mengungsi

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 10:40 WIB
Tim SAR evakuasi warga Tanjung Selamat, Medan, yang kebanjiran (dok Istimewa)
Tim SAR mengevakuasi warga Tanjung Selamat, Medan, yang kebanjiran. (Foto: dok. Istimewa)
Medan -

Banjir sempat melanda Kompleks Perumahan De Flamboyan, Tanjung Selamat, Medan, dini hari tadi. Ketinggian banjir mencapai 1,5 meter.

"Sekitar pukul 03.00 WIB dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter," ucap juru bicara SAR Medan, Sariman Sitorus, Sabtu (26/12/2020).

Sariman mengatakan banjir terjadi karena Sungai Belawan meluap. Akibat banjir, sejumlah warga harus dievakuasi dari rumah mereka.

"Tim gabungan melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak di rumahnya. Evakuasi dilakukan ke tempat yang lebih tinggi dan aman di kantor developer Perumahan De Flamboyan," ujar Sariman.

Tim SAR evakuasi warga Tanjung Selamat, Medan, yang kebanjiran (dok Istimewa)Warga dievakuasi ke tempat lebih tinggi di kantor developer Perumahan De Flamboyan. (Foto: dok. Istimewa)

"Namun tidak semua warga mau dievakuasi. Dikarenakan ingin menjaga rumah, mereka bertahan di lantai dua rumah," imbuhnya.

Sariman mengatakan banjir saat ini mulai surut. Proses evakuasi terhadap warga juga sudah selesai.

"Saat ini ketinggian air sudah surut. Korban jiwa tidak ada. Operasi SAR dinyatakan selesai dan dihentikan setelah keadaan warga dipastikan aman," jelasnya.

(jbr/jbr)