Antisipasi Lonjakan Penumpang, Jadwal Kapal Banda Aceh-Sabang Ditambah

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 19:19 WIB
Wisatawan mengantre di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh
Ilustrasi (Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh/Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Jadwal kapal dari Banda Aceh ke Sabang atau sebaliknya ditambah menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Penambahan jadwal untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, dari operator kapal ada penambahan jadwal. Untuk kapal Ro-Ro atau kapal lambat itu yang biasanya jadwalnya satu hari dua kali, sekarang sudah tiga kali," kata Kepala Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Adrian kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Adrian mengatakan, jadwal kapal cepat ditambah menjadi empat kali dari sebelumnya tiga kali. Bila ada penumpang yang belum terangkut, kapal cepat dipastikan menambah jadwal hingga lima kali.

"Ini kondisinya memang kapalnya ada di sini, base-nya di Sabang dan di Banda Aceh. Jadi sampai kapan pun kalau penumpangnya ada itu otomatis mereka (kapal) berangkat," jelas Adrian.

Menurutnya, jumlah penumpang yang tercatat di Pelabuhan Ulee Lheue mulai mengalami peningkatan. Pada tanggal 7 hingga 13 Desember, jumlah penumpang tercatat 5.400 orang dan pada tanggal 20 Desember melonjak menjadi 8 ribu orang.

Para penumpang kapal, jelas Adrian, rata-rata wisatawan yang ingin berliburan ke Sabang. Meski demikian ada juga sebagian warga Sabang yang pulang kampung.

Adrian menjelaskan, Pelabuhan Ulee Lheue menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona. Penumpang yang masuk ke pelabuhan diwajibkan memakai masker serta mencuci tangan.

"Saat penumpang akan naik ke kapal itu semua dilakukan pengecekan suhu tubuh," ujarnya.

Simak juga video 'Siap-siap! Liburan Natal-Tahun Baru Bakal Ada Syaratnya':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/lir)