Ketua KPU Samarinda: 25 Staf Positif COVID-19, Bisa Disebut Klaster

Suriyatman - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 17:37 WIB
Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat
Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat. (Foto: Suriyatman/detikcom)
Samarinda -

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat mengungkap ada 25 staf yang terpapar COVID-19. Puluhan staf itu kini menjalani isolasi di Balai Karantina di Kecamatan Samarinda Seberang.

"Benar ada 25 staf sekretariat KPU yang dinyatakan positif Covid 19, berdasarkan hasil swap yang dilakukan terhadap seluruh staf usai pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan lalu," kata Firman, dihubungi detikcom, Rabu (23/12/2020).

Tes rapid antigen massal itu dilakukan di Hotel Bumi Senyiur pekan lalu. Pihak KPU dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda saat ini melakukan tracing.

"Tracing ke keluarga karena mereka berinteraksi saat pulang meskipun kondisi sehat ternyata dinyatakan positif tentu berpotensi menularkan," kata Firman.

"Ini bisa disebut klaster KPU Kota Samarinda, karena hanya di staf KPU dan komisioner, sementara yang bekerja di luar itu PPK dan PPS lakukan rapid dan hasilnya non-reaktif," jelasnya.

Sebelumnya juga disampaikan ada satu staf KPU Samarinda yang meninggal akibat Corona. Firman mengatakan, sudah meminta jajarannya untuk bekerja di rumah.

"Semua kita minta bekerja di rumah, dan tidak masuk kerja dan berlakukan WFH. Kecuali bagian keuangan yang memang harus masuk karena mengurus pembayaran," kata Firman.

Sementara itu, kedua komisioner KPU yang positif Corona sudah dinyatakan negatif, termasuk sekretarisnya. Saat ini kondisinya baik.

"Kondisi baik dan hasil swap terakhir hasilnya negatif," jelas Firman.

(idn/idn)