Nasrul Abit-Indra Catri Gugat Rekapitulasi Hasil Pilgub Sumbar ke MK

Andi Saputra, Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 16:28 WIB
Nasrul Abit-Indra Catri mendaftar ke KPU Sumbar
Foto: Nasrul Abit-Indra Catri mendaftar ke KPU Sumbar (Jeka/detikcom)
Jakarta -

Keputusan KPU Sumatera Barat (Sumbar) yang menetapkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy belum final. Kubu pasangan Nasrul Abit-Indra Catri kini melayangkan gugatan terkait hasil Pilgub Sumbar ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan data yang dilansir website MK, Rabu (23/12/2020), Keputusan KPU itu digugat oleh pasangan nomor 2 Nasrul Abit-Indra Catri. Pasangan itu mendapatkan sebanyak 679.069 suara atau 30,30%. Gugatan itu didaftarkan siang ini pukul 13.15 WIB oleh kuasa hukumnya, Vino Oktavia dkk.

"Kami telah mengajukan surat gugatan secara resmi ke MK," Ketua DPD Partai Gerinda Sumbar, Andre Rosiade.

Gugatan pasangan itu bernomor 132/PAN.MK/AP3/12/2020. Vino menjelaskan gugatan berkaitan dengan dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU terkait dengan penyelenggaraan pemungutan suara dan rekapitulasi hasil.

"Dua hal utama adalah soal pemungutan suara dan rekapitulasi hasil. Pemungutan suara, kita persoalkan di tiga kabupaten kota. Pariaman, Kota Padang dan Sawahlunto," katanya.

"Sementara untuk poin rekapitulasi, kami menganggap KPU melakukan pelanggaran saat rekapitulasi hasil empat daerah, yaitu Solok Selatan, Kota Solok, Kabupaten Padang Pariaman dan kota Pariaman," lanjut Vino.

Keputusan KPU Sumbar menetapkan Mahyeldi-Audy Joinaldy memperoleh 32,43% suara atau sebanyak 726.853 suara. Hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut mendapat penolakan dari 3 saksi pasangan calon.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: