Progres Renovasi Masjid Istiqlal Sudah 80%

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 12:32 WIB
Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan renovasi masjid sudah berjalan 80 persen. Namun, dia tidak mengetahui waktu peresmian Masjid Istiqlal.

"Kita akan menunggu 20 persen ini jalan (selesai), karena kan sekarang baru 80 persen pembangunan. Kita juga menunggu situasi keamanan lingkungan ini juga (untuk peresmian)," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. Nasarudin Umar, MA pada saat konferensi pers di Masjid Istiqlal, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Nasaruddin menyebut pandemi virus Corona (COVD-19) membuat Masjid Istiqlal ditutup. Karena itu pula, pembangunan renovasi Masjid Istiqlal bisa fokus berjalan.

"Masyaallah saya ini ada keajaiban di Istiqlal. Begitu ada corona ini membuat ini kita tidak boleh ke masjid karena adanya virus ini, justru pada saat itu kita tutup Istiqlal untuk dibangun," lanjutnya.

"Kenapa bisa Allah mempertemukan waktu ada COVID-19 dan waktu renovasi Istiqlal. Sekalipun nggak ada COVID, Istiqlal juga tetap harus ditutup karena ini kan ada perombakan banyak," ungkapnya.

Dirinya berharap, jika pandemi COVID-19 ini berakhir, renovasi Masjid Istiqlal juga sudah selesai.

Diketahui bahwa pembangunan renovasi Masjid Istiqlal sudah dilakukan sejak Mei 2019. Namun, hingga saat ini pembangunan renovasi ini masih belum rampung digarap.

Masjid Istiqlal sendiri merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Dalam renovasi yang dilakukan ini, setidaknya pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 465 miliar.

Renovasinya sendiri ditargetkan selesai 10 bulan lagi alias 300 hari kerja. Kontraktor yang akan melaksanakan pemugaran masjid ini ialah PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan manajemen konstruksi PT Virama Karya (Persero). (aik/aik)