Cegah COVID-19, Mal-Supermarket di Kupang Ditutup Sementara Mulai Besok

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 11:42 WIB
Poster
Foto Ilustrasi Virus Corona (COVID-19). (Edi Wahyono/detikcom)
Kupang -

Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup mal dan supermarket di daerah itu mulai 24 hingga 26 Desember 2020. Penutupan itu untuk mencegah terjadinya kerumunan warga guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Wali Kota Kupang akan menerbitkan aturan tentang penutupan sementara mal dan supermarket di daerah ini guna mencegah penyebaran COVID-19. Penutupan ini dilakukan karena kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kupang terus bertambah," kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, kepada wartawan di Kupang, seperti dilansir Antara, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kupang hingga Selasa (22/12) mencapai 814 orang. Pemkot tidak ingin kasus COVID-19 terus bertambah.

"Kami tidak ingin kasus COVID-19 di Kota Kupang mencapai 1.000 orang. Kami perlu lakukan upaya pencegahan dengan melakukan pembatasan kerumunan warga yang berpotensi terjadinya penyebaran COVID-19," tegas Hermanus.

Salah satu upaya pencegahan dengan menutup sementara mal dan supermarket pada 24-26 Desember 2020 serta 31 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021.

Menurut dia, pembatasan operasi mal dan supermarket guna mencegah kerumunan warga yang ingin membeli berbagai kebutuhan menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Menurut Hermanus, Pemerintah Kota Kupang hanya mengizinkan pasar-pasar tradisional di ibu kota provinsi NTT ini tetap dibuka agar ekonomi warga tetap bergerak.

"Pasar-pasar tetap dibuka untuk menjamin kebutuhan masyarakat dengan tetap dilakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan secara ketat," tegas Hermanus Man dalam kegiatan yang turut didampingi Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore.

(idh/idh)