Round-Up

Di Balik Jaket Biru untuk Menteri Baru

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 07:47 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Maruf untuk Kabinet Indonesia Maju.
6 Menteri Baru (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Jakarta -

Ada yang menarik perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan 6 menteri baru di kabinetnya. Tak hanya kemeja putih, para calon menteri juga tampil memakai jaket biru.

Pengumuman nama-nama menteri baru Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020). Jokowi mengumumkan langsung nama-nama menterinya.

"Bapak, Ibu, Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.

Dia lalu memanggil satu persatu para calon menteri baru. Berikut daftar namanya:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

Tri Rismaharini (Risma) saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres)Tri Rismaharini (Risma) saat perkenalan calon menteri (Biro Pers Setpres)

Enam calon menteri itu tampil dengan busana yang sama. Mereka memakai kemeja putih seperti yang kerap dipakai Jokowi. Yang beda adalah jaket biru muda yang mereka kenakan.

Ternyata, ada filosofi di balik jaket biru tersebut. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin mengatakan makna penggunaan jaket adalah berbahan nyaman dan melindungi dari basah jika kehujanan. Para menteri diharapkan bisa bekerja kapan saja.

"Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya, setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja," kata Bey.

Warna yang dikenakan adalah biru. Bey mengatakan biru artinya segar dan cerah.

"Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat," kata Bey.

Budi Gunadi Sadikin (Biro Pers Setpres)Budi Gunadi Sadikin (Biro Pers Setpres)

Calon Menparekraf Sandiaga Uno juga bicara soal jaket biru ini. Selengkapnnya di halaman berikutnya.