Round-Up

Asabri Kini Diusut Korps Adhyaksa Sebab Mirip Skandal Jiwasraya

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 23 Des 2020 07:31 WIB
Jaksa Agung melantik Sesjampidum dan 5 Kajati
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Dok, Kejagung)
Jakarta -

Pengusutan kasus dugaan korupsi di PT Asabri (Persero) kini berada di tangan Kejaksaan Agung (Kejagung). Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menyebut ada kesamaan antara kasus Asabri dan Jiwasraya yang sudah lebih dulu diusut Kejaksaan. Ini penjelasannya.

Awalnya Menteri BUMN Erick Thohir mendatangi Kejagung untuk membahas khusus kasus Asabri.

Menurut Burhanuddin, Kejaksaan diminta menangani kasus itu karena memiliki kemiripan dengan skandal Jiwasraya yang sebelumnya diusut kejaksaan.

Burhanuddin pun menyampaikan sederet penjelasan dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020).

Berikut poin-poin pernyataan Burhanuddin:

Skandal Asabri Mirip Jiwasraya

Burhanuddin menyebut ada kesamaan antara kasus itu dan skandal Jiwasraya.

"Dugaan calon tersangka dulu ya calon tersangka itu hampir sama antara Jiwasraya dengan Asabri. Jadi kenapa kami diminta untuk menangani, karena ini ada kesamaan, kemudian dan kami tentunya sudah memetakan tentang permasalahan ini," kata Burhanuddin dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020).

"Yang penting juga kita kan me-mapping daripada korupsi ini dan aset-asetnya karena tetap kita juga harus menjaga kesinambungan dengan berjalannya Asabri. Ya kan kita harus jaga, jangan sampai nanti ada perusahaan yang tidak kuat berjalan lagi. Nah itu yang kita pastikan," ucap Erick, yang berada di samping Burhanuddin.

Padahal pada awal tahun ini, tepatnya 22 Januari 2020, Burhanuddin mengaku tidak akan ikut mengusut dugaan korupsi Asabri. Menurutnya, kasus Asabri telah ditangani pihak lain.

"Nggak, Asabri sudah ada yang ngambil," kata Burhanuddin kala itu.

Selanjutnya, kerugian negara fantasitis:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4